Setiap orang tentunya mendambakan memiliki sebuah keluarga sakinah yang memberikan kebahagiaan hidup, tak hanya saat di dunia saja namun juga kelak di akhirat. Membentuk keluarga sakinah mudah untuk diucapkan, namun cukup sulit untuk direalisasikan.

Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap Islam dari para remaja putri dan pria yang akan melangsungkan pernikahan. Hendaknya pada setiap pasangan muslim yang akan menikah menjadi keluarga sakinah sebagai visi misi sebelum menikah.

Membentuk keluarga sakinah diawali dari individu-individu yang akan menikah itu sendiri, sejauh mana pemahaman mereka terhadap agama, sejauh mana pelaksanaan terhadap pemahaman tersebut akan menjadi indikator penting bagi terbentuknya sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Berikut ini beberapa tips penting cara membentuk keluarga sakinah yang bisa Anda lakukan:

1. Memilih pasangan hidup yang memahami dan mampu melaksanakan ajaran agama dengan baik merupakan langkah awal untuk membangun sebuah keluarga yang sakinah. Untuk dapat bisa memperoleh pasangan hidup yang memiliki pemahaman agama yang baik, tentunya diawali dengan memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu.

Mereka yang paham dengan ilmu agama secara baik pada umumnya akan memilih pasangan-pasangan hidup yang juga sama dengan mereka. Meskipun ada yang mau memilih mereka yang memiliki pemahaman agama yang kurang, namun ini jumlahnya lebih sedikit.

Untuk bisa mempermudah dan mempercepat terbentuknya keluarga yang sakinah, maka seorang laki-laki shaleh tentunya akan lebih memilih seorang perempuan yang shaleh juga. Bila ingin mendapatkan pasangan yang shaleh, maka shalehkan diri kita lebih dahulu.

2. Komitmen dengan Islam dan dakwahnya setelah menikah. Tidak ada keluarga yang paling bahagia selain keluarga yang mendekatkan diri mereka pada Allah dan dakwah yang dianjurkan pada orang-orang beriman.

Keluarga yang paling bahagia di dunia ini adalah keluarga Rasulullah SAW karena beliau adalah pengemban risalah dakwah dan Islam sebagai agama yang mulia untuk disampaikan kepada ummat manusia.

The Miracle of Shalat Khusyu': Panduan Praktikal Meraih Keajaiban Shalat Khusyu' DOWNLOAD NOW.

Mereka para pendakwah yang mengikuti jejak Rasulullah untuk mendakwahkan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat adalah mereka yang merasakan kebahagiaan hidup yang hakiki. Meskipun secara materi banyak kita lihat yang mengalami kekurangan harta benda, namun rumah tangga mereka tetap bahagia dan tentram, bahagia lahir dan batin.

Itulah karunia Allah yang diberikan kepada mereka yang melakukan banyak pahala dari kegiatan dakwah dan ibadah mereka.

3. Mampu melahirkan generasi yang shaleh dan mendukung perjuangan Islam. Kebahagiaan sebuah rumah tangga akan semakin lengkap dengan hadirnya keturunan dalam sebuah keluarga.

Sebaik-baik keturunan yang memberikan dorongan terbentuknya keluarga sakinah adalah keturunan yang shaleh dan mampu menjalankan ajaran Islam dengan baik.

Anak shaleh tidak hanya menjadi permata hati orang tua saat di dunia, namun di akhirat kelak, dia lah yang akan menyelamatkan orang tua dari siksaan Allah. Anak yang shaleh menjadi salah satu pondasi penting terbentuknya keluarga sakinah.

4. Mampu bertahan dari bujuk rayu syaitan. Membangun sebuah rumah tangga sakinah yang komitmen dengan nilai-nilai dakwah tentunya akan mendapat tantangan keras dan godaan yang kuat dari syaitan dan iblis.

Salah satu tantangan yang diberikan bisa melalui tahta, harta dan wanita.

Inilah godaan bagi manusia yang terkadang membuat manusia terjebak. Membangun keluarga sakinah harus dilandasi dengan kemampuan menangkal bujuk rayu syaitan melalui berbagai cara di atas.

Semua orang bisa membangun keluarga sakinah jika ia punya keinginan. Karena keluarga sakinah itu tidak bisa hanya diucapkan, namun harus diupayakan semaksimal mungkin.