Teknik Presentasi dan Public Speaking bagi Ustadz

Seberapa pentingkah teknik presentasi dan public speaking bagi ustadz? Ada hal penting yang menjadi dasar kesuksesan seorang dai yang kadang banyak dilupakan orang.

Aktivitas berdakwah melalui ceramah atau menyampai orasi ajakan kepada khalayak untuk bertakwa semata-mata bukanlah aktivitas fisik. Dakwah bukan hanya pada kemasan bicara maupun tampilan presentasi yang memukau.

Berbeda dengan seminar motivasi ataupun training-training tertentu dimana teknik presentasi maupun public speaking menjadi titik tekan keberhasilan seorang trainer.

Aktivitas berdakwah adalah aktivitas ruhiyah yang tidak bisa ditipu dengan penampilan atau gaya fisik. Sebuah trend di masyarakat bahwa teknik presentasi dan publik speaking telah mengalahkan hal-hal lain yang menjadi syarat utama dan penting berhasilnya sebuah aktivitas dakwah melalui kegiatan ceramah atau pengajian.

Seberapa pentingkah teknik presentasi dan public speaking bagi ustadz? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda pahami, yakni sebagai berikut:

1. Ucapan ajakan seorang dai yang menyentuh adalah ucapan atau ajakan yang memang telah dilakukan oleh yang menyampaikan. Ketika seseorang berceramah menyampaikan ajakan untuk memperbanyak amal sedekah, maka seorang dai haruslah lebih dahulu mengamalkannya.

Sehingga apa yang disampaikan dari hati akan sampai ke hati. Apa yang disampaikan dari apa yang telah dilakukan akan sangat besar perbedaannya dibandingkan dengan orang yang hanya pandai berkata namun tidak melakukannya.

2. Kekuatan ruhiyah seorang dai yang terbentuk melalui berbagai amal ibadah harian yang berkualitas akan lebih menyentuh hati audiens dakwah ketimbang hanya ditekankan pada teknik presentasi atau orasi public speaking semata.

Ucapan seorang yang bersih hatinya akan mudah diterima oleh hati-hati yang mendengarkan, meskipun mungkin gaya penyampaiannya hanyalah sambil duduk atau bahkan disampaikan dengan suara lemah dengan diiringi tangisan.

3. Lalu dimana peran teknik presentasi dan public speaking bagi ustadz? teknik presentasi dan public speaking bagi ustadz hanyalah sekedar membantu mempermudah para audiens untuk menerima apa yang disampaikan.

Idealnya, seorang dai memiliki kondisi ruhiyah yang baik serta diiringi dengan kemampuan teknik presentasi dan public speaking yang bagus sehingga apa yang disampaikan cukup berkesan dan mudah diterima di hati para audiensnya.

Menempatkan kekuatan ruhiyah pada kebutuhan utama seorang ustadz yang melakukan dakwah di tengah masyarakat merupakan keniscayaan keberhasilan dakwah itu sendiri. Dibandingkan seorang ustadz yang mampu mengumpulkan khalayak dalam jumlah besar lalu mengesampingkan ibadah harian yang berkualitas.

Ustadz bukan lah profesi yang dikerjakan secara sederhana. Ada konsekuensi besar yang harus ditanggung ketika seseorang memberanikan dirinya sebagai seorang ustadz atau dai yang melakukan ceramah-ceramah di tengah masyarakat.

Salah satunya adalah tuntutan agar apa yang diucapkan seiring dengan apa yang dilakukan.