Apakah syarat-syarat doa yang dikabulkan tersebut? Mungkin selama ini Anda selalu berdoa untuk kebaikan kehidupan Anda. Namun rupanya apa yang Anda doakan tersebut tak kunjung juga diberikan oleh Allah SWT.

Benarkah Allah tidak mengabulkan apa yang Anda minta? Jangan berburuk sangka bahwa Allah tidak mengabulkan apa yang menjadi keinginan Anda, tapi periksalah lebih dulu, apakah Anda sudah menjadi seorang yang layak diterima doanya?

Dan apakah Anda mengetahui apa saja syarat-syarat doa yang dikabulkan tersebut?

Apa saja syarat-syarat untuk doa yang dikabulkan? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berdoa kepada Allah dan menjadi syarat bagi terkabulnya doa yang Anda mohonkan pada Allah SWT:

1. Jangan berdoa untuk hal-hal kemaksiatan. Doa yang dikabulkan adalah doa yang baik-baik.

2. Jangan berputus asa dan berprasangka buruk pada Allah bahwa doa-doa Anda tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Keistiqomahan Anda dalam meminta kepada Allah merupakan cerminan dari keimanan. Orang-orang yang lemah imannya akan mudah berputus asa dalam doanya kepada Allah SWT.

3. Syarat untuk doa yang dikabulkan selanjutnya adalah, iringi doa dengan amal ibadah dan tinggalkan kemaksiatan. Ibarat seorang anak yang meminta kepada orang tuanya, maka orang tua akan lebih mudah mengabulkan apa yang menjadi permintaan si anak apabila si anak taat dan patuh padanya, tidak membuat si orang tua marah.

4. Carilah waktu-waktu dan tempat mustajab untuk melakukan doa-doa. Waktu-waktu mustajab di antaranya adalah pada saat hujan turun, sepertiga malam, usai shalat fardhu, pada saat Anda teraniaya, antara adzan dan iqomah dan lain sebagainya. Sementara tempat-tempat mustajab untuk berdoa adalah baitullah dan tempat-tempat di tanah suci. Berdoalah untuk kebaikan, bukan dalam hal kemaksiatan atau urusan dunia yang nista.

5. Doa yang dikabulkan juga bisa kita dapatkan dari orang lain yang mendoakan kita. Lakukan sedekah yang bernilai besar, dan mintalah doa dari orang yang Anda sedekahi terhadap hajat hidup yang menjadi keinginan Anda. Insya Allah ini merupakan cara agar doa Anda bisa dikabulkan secara lebih mudah.

Masih banyak cara-cara lain untuk doa yang dikabulkan. Meminta doa kepada orang tua merupakan hal yang tak kalah penting untuk terkabulnya apa yang Anda inginkan. Doa orang tua adalah senjata dalam hidup.

Mungkin kita tidak sadar bahwa kesuksesan hidup yang kita jalani saat ini adalah buah dari doa-doa orang tua kita.

Memuliakan orang tua dan mengharap doa-doa dari mereka adalah cara Anda untuk lebih bahagia dalam menjalani hidup. Doa orang tua adalah doa yang selalu akan didengar oleh Allah SWT. Muliakan lah orang tua dan carilah keridhaan dan doa-doanya, maka hidup kita akan bahagia dunia akhirat.