Sumber-Sumber Motivasi Islami yang Dashyat

Hidup manusia tidak pernah datar. Perjalanan hidup ini adalah perjalanan yang naik turun.

Kadang seolah mendaki bukit, kandang seperti menuruni lembah, kadang harus melewati jalanan berkelok, kadang menyusuri jalan datar nan mulus, dengan panorama elok di sekeliling.

Ketika kita sedang berada di bawah, bergelut dengan beragam persoalan yang terasa mengimpit jiwa dan hidup terasa begitu sesak, biasanya kita membutuhkan pegangan yang mampu menguatkan, membutuhkan tempat berbagi yang bersedia menerima curahan isi hati, membutuhkan sahabat yang memotivasi untuk bangkit.

Tentu saja hal ini sangat wajar dan manusiawi. Sebab, manusia memang tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan kehadiran manusia lain untuk menguatkan di saat lemah, mendengarkan ketika ada begitu banyak unek-unek yang harus ditumpahkan, dan menumbuhan motivasi ketika semangat hidup terasa begitu melemah.

Hanya saja, ketika kita membutuhkan sosok yang dapat menguatkan, mendengarkan, dan memotivasi tersebut, kita harus hati-hati melakukannya. Jangan sampai kita salah memilih.

Alih-laih membuat kondisi kita menjadi baik, bisa jadi kita malah teperosok lebih dalam ke kubangan persoalan jika kita menuruti nasihat yang salah dari orang yang salah.

Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita mencari saran atau nasihat kepada orang-orang yang mampu memberikan motivasi Islami sebagai solusi atas persoalan yang kita hadapi.

Siapa saja orang-orang dapat memberi motivasi Islami ini?

Tentu saja mereka yang memiliki pemahaman mengenai Islam yang mendalam, memiliki kebijakan untuk menyampaikan nasihat, dan memiliki pengalaman yang luas dalam membantu banyak orang menghadapi problematika hidup, akan mampu memberikan motivasi Islami untuk Anda.

Maka, ketika Anda bergulat dengan masalah kehidupan dan membutuhkan pencerahan, forum-forum pengajian, sosok ustaz, atau sahabat yang memenuhi kualifikiasi sebagaimana di atas, merupukan solusi terbaik untuk Anda.

Selain kepada orang, Anda pun bisa mendapatkan motivasi Islami dari berbagai sumber, antara lain buku-buku, majalah, koran, atau media online yang menyampaikan pesan-pesan pencerahan dalam bingkai Islam.

Mencari sosok atau sumber-sumber bacaaan yang mampu memberikan motivasi Islami dan pencerahan ini memang sangat penting untuk kita lakukan.

Dengan cari ini, kita akan terhindar lari ke hal-hal yang negatif ketika menghadapi problematika kehidupan. Dengan cara ini pula, kita akan tergerak untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, ikhlas menjalani semua cobaan, dan bersemangat untuk bangkit menggapai hidup yang lebih baik.

Di atas semua pencarian sumber motivasi Islami, baik dari orang-orang saleh atau bacaan-bacaan yang mencerahkan, sesungguhnya sumber terbaik untuk membuat diri menjadi lebih baik dan termotivasi adalah firman-firman Allah dalam Kitab Suci Al-Qur’an dan keteladanan Nabi Muhammad SAW yang dapat kita ikuti melalui untaian hadis-hadis.

Maka, jangan pernah melupakan untuk senantiasa membaca dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah demi menjadikan iman kita bertambah kuat, hidup kita makin terarah, dan motivasi tidak pernah surut, apa pun kondisi dan persoalan hidup yang tengah dihadapi.

Seluruh sumber motivas Islami ini akan senantiasa memberikan siraman kepada ruh kita sehingga tidak sampai dahaga. Akan menyuburkan keimanan kita sehingga tidak layu, kering, hingga kemudian mati.

Sebab, sebagaimana raga, ruh pun membutuhkan siraman agar senantiasa terjaga kebaikannya. Sebagaimana tanaman, iman pun membutuhkan siraman agar selalu tumbuh subur.

Dan, siraman terbaik untuk ruh dan iman kita adalah motivasi Islami yang bersumber dari Al-Qur’an, hadis, orang-orang saleh, dan bacaan-bacaan Islami yang mencerahkan.