Sudahkah Sabar dan Shalat Menjadi Penolong Kita?

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.”(Al Baqarah 2: 45)

Jika kita membaca ayat ini, permasalahan apa pun yang kita hadapi, kita optimis bisa mengatasinya, sebab kita memiliki shalat dan shabar sebagai penolong kita. Mengapa kita begitu yakin? Ya, karena ayat diatas. Allah tidak mungkin salah dan tidak mungkin mengingkari janji-Nya.

Lalu, bagaimana jika kita sudah shabar dan shalat tetapi tetap saja pertolongan itu tidak kunjung datang? Ya, jika Anda orang yang beriman, Anda tidak akan pernah menyalahkan shalat dan shabar, tetapi kitanya yang salah. Kesalahan itu adalah karena kita tidak khusyu’.

Jika tidak, shalat dan shabar itu adalah berat, namun tidak bagi hamba-Nya yang khusyu’. Shalat tidak lagi menjadi beban, tidak lagi berat, tidak lagi serasa mengganggu. Justru shalat adalah kebutuhan dimana kita bisa mengatasi berbagai masalah dengan pertolongan Allah.

Semua manusia memiliki masalah, siapa yang tidak? Jika Anda merasa tidak punya masalah, disitulah masalahnya. Orang yang tidak memiliki masalah adalah orang yang tidak pernah memikirkan masalah. Sikap tidak peduli itulah masalah orang yang mengaku tidak ada masalah. Masalah adalah teman semua orang yang masih hidup. Hanya mereka yang ada di syurgalah yang tidak punya masalah.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Beruntung Allah masih memberikan umur kepada kita, masih diberikan masalah dan kesempatan untuk mengatasi masalah. Apa pun masalah itu. Berbeda dengan orang yang sudah ada di alam kubur, ada diantara mereka yang punya masalah dan tidak punya kesempatan untuk mengatasinya.

Jika Anda menyadari punya masalah, maka bersyukurlah karena Anda termasuk orang yang memiliki tanggung jawab dan peduli terhadap diri Anda. Bersyukurlah karena masih ada kesempatan untuk mengatasinya.

Dan, kita tidak perlu takut dan menghindari masalah itu karena Allah akan menolong kita jika kita mau mendirikan shalat dan shabar. Ini memang tidak mudah, hanya orang yang khusyu’ yang mampu menghadapinya. Inilah mengapa kita harus shalat dengan khusyu’ agar kita mampu menghadapi berbagai masalah yang ada di depan kita.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.