Social Media Strategy untuk Dakwah Islam

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus terjadi dengan laju yang amat cepat. Mempengaruhi seluruh sendi kehidupan manusia. Salah satu bentuk teknologi yang begitu dahsyat mengubah wajah kehidupan modern adalah teknologi internet.

Teknologi ini telah berhasil menghapus jarak. Melalui internet, orang-orang dari berbagai belahan bumi dapat terhubung dan berkomunikasi sebagaimana layaknya komunikasi antara orang-orang yang tidak terpisahkan jarak.

Melalui internet, peristiwa yang terjadi di suatu tempat, dapat diketahui orang-orang dari seluruh penjuru dunia pada saat yang bersama. Dengan internet pula, ilmu pengetahuan begitu mudah untuk disebarkan.

Tak hanya sampai di situ, internet pun kini menjadi media bisnis. Bisnis online yang dapat menjangkau konsumen tanpa batasan geografis.

Sosial media yang merupakan bagian dari aplikasi teknologi internet pun memiliki keunggulan yang tidak kalah dahsyat. Sosial media membuat orang-orang dapat terhubung dan menjalin pertemanan dengan siapa saja. Melalui sosial media, orang dapat menyapa teman-teman, mengekspresikan pikiran dan perasaan, berbagi aktivitas yang telah atau tengah dijalani, berbagi informasi dan berita, juga melakukan promosi.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Dengan karakteristik seperti ini, sosial media jelas mampu menjadi media dakwah yang sangat efektif. Hal ini pun telah disadari benar oleh kaum muslimin. Banyak sekali umat muslim dari berbagai kalangan yang menyebarkan pesan dakwah melalui sosial media.

Mereka menampilkan ayat-ayat Al-Qur’an, hadis-hadis, kisah-kisah teladan, artikel-artikel, foto-foto, kalimat-kalimat penuh hikmah, dan berita-berita dunia Islam melalui akun sosial media mereka.

Tentu saja pesan-pesan dakwah ini akan menghampiri mereka yang masuk daftar teman dari si pemilik akun sosial media mereka. Hingga para pembaca pesan dakwah tersebut akan mendapatkan sentuhan ilahiah, bertambah ilmu agamanya, dan mendapatkan pencerahan yang menggerakkan untuk menjadi insan yang lebih baik.

Di samping menyampaikan pesan dakwah, dengan membagi ilmu dan pengelaman religius, dakwah melalui sosial media juga dapaat dilakuan dengan chatting. Sebab, sosial media, facebook misalnya, mempunyai falisilitas untuk melakukan percakapan atau yang biasa dikenal sebagai chatting.

Melalui chatting ini, seseorang dapat pula menyampaikan pesan dakwah secara langsung, yaitu dengan mengajak teman-temannya untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan.

Sedemikian strategis posisi sosial media dalam dakwah. Itulah sebabnya, semestinya umat Islam memberdayakan media ini sebagai media dakwah, bukan sekadar bersenang-senang dan menjalin pertemanan dengan banyak orang.

Bagaimana social media strategy untuk dakwah yang dapat dipraktikkan sehingga aktivitas dakwah lebih dapat berdaya guna dan dapat dilakukan secara intens?

Agar dakwah melalui sosial media ini dapat dilakukan dengan lebih intens, menjangkau banyak orang, dan menarik sehingga orang-orang selalu tergugah untuk mengikutinya, beberapa hal berikut bisa ditempuh untuk mencapai hal tersebut.

a. Selalu memperbarui pesan dakwah sehingga pembacanya tidak jenuh karena akan selalu mendapatkan nasihat dan ilmu baru.

b. Menggunakan bahasa yang menyentuh hati dan memotivasi. Sebab, hati yang senantiasa mendapat sentuhan kebaikan akan membuat pemiliknya senantiasa terbuka pada kebenaran. Sementara itu, bahasa yang memotivasi akan menggugah orang yang membacanya untuk menjadi manusia yang lebih baik dengan cara menjadi lebih dekat dengan agama.

c. Membuat grup khusus aktivitas dakwah, tempat seluruh anggotanya berbagi dan berdiskusi masalah-masalah keagamaan.

d. Menyertakan foto-foto dalam pesan dakwah yang disampaikan. Foto-foto atau gambar akan memperkuat pengaruh pesan yang disampaikan dalam bentuk tulisan.

Sesungguhnya setiap muslim mengembang tanggung jawab untuk menebarkan kebaikan di atas bumi ini. Dakwah bukan hanya tugas ulama atau ustaz semata, melainkan tugas kita semua.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.