Shalat adalah Sumber Solusi dan Kekuatan

Banyak literatur yang membahas bagaimana gerakan shalat bisa menjadikan tubuh kita kuat dan sehat. Dilihat dari segi medis, shalat itu sangat menyehatkan. Jika dilihat dari ilmu Tai Chi pun, shalat itu akan membangkitkan energi di dalam tubuh. Silahkan Anda dapatkan buku-buku yang membahas masalah ini diberbagai toko buku. Namun, bukan hal ini yang akan dibahas di ebook yang singkat ini.

Shalat memang akan memberikan sebuah kekuatan. Namun bukan hanya kekuatan fisik seperti yang dibahas dalam keilmuan medis dan Tai Chi. Namun yang kita bicarakan adalah “energi ketundukan”. Apa itu energi ketundukan?

Saat kita ruku’ dan sujud, bahkan di setiap gerakan shalat menggambarkan ketundukan diri kita. Saat kita tunduk, kita akan memiliki energi, sebab kita terbebaskan dari apa pun makhluq yang menghalangi diri kita. Saat kita tunduk, kesadaran menjadi hamba Allah begitu tinggi, maka kita akan terlepas dari ketergantungan kepada selain Allah. Artinya kita hanya tergantung kepada Allah, dan apa yang bisa mengalahkan kekuatan-Nya?

Energi ketundukan ini hanya didapat saat kita menjalan shalat dengan benar artinya benar niatnya, benar caranya, dan khusyu’. Orang-orang yang setengah hati dan lalai tidak pantas menerima energi ketundukan itu. Disinilah mengapa shalat khusyu’ itu begitu penting untuk kepentingan kita sendiri.

Solusi akan datang dengan banyak cara. Allah memiliki banyak cara untuk memberikan solusi kepada kita, salah satunya dengan kekuatan. Bisa saja Allah menggerakan hati kita untuk melakukan sesuatu atau menggerakan hati orang lain sehingga menyelesaikan masalah kita. Dengan kekuatan yang kita dapatkan dari energi ketundukan itu, maka kita akan sanggup bergerak menyambut solusi yang Allah berikan.

Energi ketundukan seorang mukmin adalah pilar utama kehidupan. Dari hal inilah semua solusi akan datang. Ketundukan itu adalah taqwa, dan orang yang bertaqwa akan mendapatkan jalan keluar dari Allah sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah berikut ini:

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS Ath Thaalaq:2-3)

Ada dua kata kunci agar kita mendapatkan jalan keluar (solusi) dari Allah, yaitu taqwa dan tawakal. Taqwa adalah ketundukan kepada Allah dan tawakal Anda hanya menggantungkan segalanya kepada Allah. Jelas bisa kita lihat, bahwa ketundukan akan memberikan kekuatan luar biasa kepada kita (tentu dari Allah) untuk mendapatkan jalan keluar, rezeki, dan kecukupan.

Maka kita tidak perlu jauh-jauh mencari solusi, apalagi sampai menggunakan cara-cara yang tidak diridlai-Nya. Shalat, yang biasa kita lakukan sudah memberikan solusi atas semua masalah kita. Mahabenar Allah dengan segala firmannya:

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS Al Baqarah:45-46).

“Apabila Rasulullah SAW ditimpa suatu persoalan atau mengharapkan sesuatu hal, beliau bergegas melaksanakan shalat”. (HR.Ahmad).