Sudah bukan rahasia lagi kalau sedekah merupakan alat untuk membuat kita kaya. Bagaimana bisa? Bukankah sedekah itu member? Bagaimana mungkin member bisa membuat kita kaya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini adalah pertanyaan dari orangyang masih belum paham arti sedekah yang sebenarnya.

Tahukah anda bahwa member dengan jalan sedekah sebenarnya merupakan tabungan kita untuk akherat. Harta yang kita miliki sebenarnya adalah harta yang kita sedekahkan. Jadi, semakin banyak kita bersedekah, semakin banyak pula tabungan kita untuk akherat nanti.

Menurut ustadz Yusuf Mansur yang sangat getol mensosialisasikan sedekah, sedekah yang dalam terminology Islam berrati berbagi ini merupakan kunci kesuksesan seseorang dalam berbisnis. Jika diperhatikan, pengusaha-pengusaha sukses adalah mereka yang banyak berbagi dengan sesamanya. Kita jarang sekali mendengar kan ada seorang pengusaha sukses yang sangat pelit?

Nabi juga pernah bersabda dalam hal sedekah, bahwa Allah SWT akan mengganti berkali-kali lipat harta yang engkau gunakan untuk bersedekah. Jika Allah SWT yang mengatakan seperti itu, siapa lagi yang biasa menghalanginya.

Bahkan sebuah ilmu ekonomi islam mengatakan bahwa ada beberapa hal yang membuat orang bisa menjadi mapan secara financial, yaitu: berdagang, investasi, emas, dan sedekah.  Ke empat hal inilah yang diajarkan untuk mencapai kekayaan dalam islam, bukan menabung atau menumpuk-numpuk harta.

Kepopuleran sedekah sebagai lambing kekayaan ini bahkan sudah go public. Pernahkah anda melihat kaos-kaos anak muda yang sekarang banyak beredar di pasaran yang bertuliskan slogan “Sedekah pangkal Kaya”? itulah keajaban sedekah. Semakin banyak kita member, semakin banyak pula yang akan kita dapat.

Tetapi sejatinya bukan itu yang kita harapkan. Sedekah merupakan sesuatu yang wajib karena ada sebagian dalam harta kita yang menjadi hak orang lain. Allah SWT yang maha pemberi menitipkan sebagian rizki orang lain kepada kita. Jadi, kewajiban kita adalah mengembalikannya.

Jika sampai tidak, maka kesengsaraan yang akan kita dapat karena telah menggunakan harta yang sebenarnya bukan menjadi milik kita.

Dalam sebuah ceramah, ustadz Yusuf Mansur juga selalu mengait-ngaitkan ibadah sedekah ini dengan shalat dhuha. Sedekah akan lebih afdol jika dibarengi dengan shalat dhuha, kenapa? Karena shalat dhuha merupakan shalat pembuka pintu rizki kita.

Jika hanya dengan sedekah saja Allah SWT akan mengganti harta berkali lipat, ditambah lagi dengan shalat pembuka pintu rizki, bisa anda bayangkan kesuksesan macam apa yang bisa diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang rajin malakukan ibadah sedekah dan melaksanakan shalat dhuha.

Tak akan habis harta kita dengan dipakai sedekah, bahkan janji Allah SWT akan melipat gandakannya merupakan awal dari kesuksesan dunia dan akherat melalui kegiatan yang dinamakan sedekah. Semoga dengan pengetahuan ini anda jadi semakin rajin bersedekah.

Photo Credit by : Maistora @flickr.com