Anda ingin tahu apa sebenarnya rahasia hidup bahagia? Siapa orangnya yang tak ingin hidup bahagia. Kebahagiaan hidup yang hakiki adalah apabila kebahagiaan hidup di dunia juga akan diikuti dengan kebahagiaan hidup di akhirat.

Setiap hamba yang beriman akan meyakini bahwa ada kehidupan yang kekal setelah kehidupan di dunia yang fana. Oleh karena itu kebahagiaan yang dipersiapkan adalah kebahagiaan yang beriringan, bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.

Apa saja kunci rahasia rahasia hidup bahagia? Apakah harta menjadi jaminan. Banyak orang kaya yang memiliki jumlah harta tak terhitung, namun mereka tidak menemukan kebahagiaan hidup. Bahkan tak jarang dengan harta yang dimilikinya tersebut ia akan menjadi sengsara. Bukan hanya sengsara di dunia tapi juga di akhirat.

Demikian juga bagi mereka yang memiliki jabatan terhormat. Jabatan tinggi tidak menjamin kehidupan seseorang akan bahagia. Lihatlah bagaimana banyaknya para pejabat yang siang malam resah tak tenang memikirkan kalau-kalau ia akan mendapatkan tuntutan dari rakyatnya untuk lengser, takut diturunkan oleh lawan politik dan lain sebagainya.

Harta, tahta ataupun wanita dan keluarga bukan lah kunci dari rahasia hidup bahagia. Ada beberapa hal yang perlu ditanamkan apabila Anda ingin kehidupan Anda di dunia bahagia dan berakhir bahagia pula di akhirat:

1. Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
Perintah Allah adalah sesuatu yang bernilai pahala. Pahala adalah segala sesuatu yang mampu membuat hati seseorang menjadi tenang, damai dan bahagia. Oleh karena itu, orang yang selalu melakukan perintah Allah maka ia akan mengumpulkan banyak pahala. Dan pahala tersebut akan berbuah ketenangan dalam diri yang bersangkutan.

Kebahagiaan yang hakiki akan muncul dengan kita memperbanyak perbuatan pahala, tak hanya di dunia namun juga di akhirat. Menjauhi apa yang menjadi larangan Allah merupakan cara Anda untuk lebih ringan dalam menjalankan perintah Allah. Orang yang selalu melakukan larangan-larangan Allah akan terkunci hati-Nya melakukan berbagai perintah Allah SWT.

2. Memperbanyak rasa syukur dalam hidup
Kunci rahasia hidup bahagia selanjutnya adalah memperbanyak rasa syukur pada Allah SWT.

Syukur akan membuat kita tenang dalam menjalani hidup, tidak iri dan dengki serta akan lebih banyak mengingat segala nikmat yang telah diberikan Allah pada kita.

Syukur bukan hanya menjadi rahasia hidup bahagia, namun juga akan mengantarkan memperoleh nikmat yang lebih banyak lagi dari Allah SWT. Sebab Allah SWT menjanjikan, barang siapa yang bersyukur dengan nikmat-Nya, maka akan ditambahkan lagi padanya nikmat yang banyak.

Itulah dua hal utama yang menjadi rahasia hidup bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Bahagia dunia dan akhirat merupakan hakikat bahagia yang paling utama.

Photo credit : Anamir @flickr.com