Presiden SBY dan Sastra Dewasa Ini

Ketika suharto sebagai jendral menjadi presiden setelah sukarno tumbang, dunia tulis – menulis atau lebih kongkritnya : kesusastraan modern mencapai mahamerunya membumbung pada langit nila-kandi pertiwi tercinta ini.

Beberapa pujangga avant-garde kita berkibar, seperti rendra, arifin c. noer, riantiarno, putu wijaya, teguh karya, gunawan muhammad, arif budiman, taufik ismail, sutarji calzoum bhari, dan banyak lagi, tidak terkecuali hb yassin, sebagai empu sastra modern indonesia nampak menjulang sandiwara atau yang kini disebut teater bagaikan jamu di musin hujan. tumbuh subur warna warni.

Di jakarta lahir taman ismail marzuki atas inisiatif gubernur ali sadikin dimana tempat ( kompleks ) itu bagai istana kreasi para seniman/seniwati saling menciptakan keunggulan – keunggulan imajinasi dan rasional atas tuntutan jaman.

Suharto tidak dikenal sebagais eniman apalgi cipta budaya, namun di masa beliau : berserakan karya kontemporair hampir disemua lini kebudayaan : sastra, lukisan dan tari.

Seniman termanjakan, hidupnya tidak lagi terlunta, malah sebagian besar hidup merekamakmur, saya termasuk kelas teri, bisa hidup dengan lima anak dengan menulis di koran dan majalah. Presiden suharto, anugrah bagi rakyat indonesia tanpa terkecuali, senimanpun meraup kemakmuran dan citra adi luhung sekarang ?

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Dengan Presiden Sby ?

Semua jadi kocar kacir, semuajadi berantakan kreasi dan senipun amburadul nasibnya. Lucunya justru pada figur presiden yang komitmennya pada seni kata orang akrab.

Prsesiden Sby ini juga vokalis dan pecipta lagu yang makmur karena laku karyanya itu karena kebetulan nempel jabatan presiden, barangkali bahkan presideni ini merembet ke arah satra. Presiden sby bikin puisi laku juga .

Apa perlu tambah popularitas ? Kasihkan bakat lain untuk orang lain. saya pernah kirim naskah puisi untuk sby. eh sampai sekarang nasibnya tak jelas. tapi saya yakin naskah puisi saya itu sampai. Buktinya tidak pernah kembali. Lewat media ini, jadilah presiden seperti Suharto : membangun untuk bangsa jangan membangun untuk diri sendiri saja.

Tampung sebuah karya seni yang masuk sediakan anggaran. Biar kelas seniman jadi produktif dan mampu menghidupi dirinnya. Sby sendiri pernah bilang jangan merangkap jabat seperti dunia ketoprak jadilah presiden saja jangan merangkap yang lain.

—————-

Grosir kaos murah dengan desain kaos yang keren bisa didapatkan disini.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.