Pentingnya Toleransi dalam Beragama bagi Muslim di Seluruh Dunia

Sebagian umat Islam ada yang mengeksklusifkan diri, terutama di negara-negara Islam atau negara sekuler tetapi sebagian besar masyarakatnya beragama Islam.Sebagian umat Islam merendahkan agama lain yang mereka anggap kafir dan tidak layak masuk surga.

Perlakuan sebagian umat Islam yang melarang agama lain untuk beribadah dan membangun tempat Ibadah juga membuat mereka meradang dan akhirnya melawan Islam dengan keras. Hanya satu hal tentang toleransi saja bisa menghancurkan Islam.

Oleh karena itu, kita jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak toleran. Kita benar-benar harus memahami Pentingnya Toleransi dalam Beragama bagi Muslim, karena Allah pun telah menurunkan hukum yang jelas tentang hal tersebut.

Hukum toleransi yang paling mudah untuk diingat adalah surat Al Kafirun. Surat pendek ini merupakan surat yang banyak dihafal sejak kecil dan banyak dibaca dalam sholat.

Namun, sayangnya banyak orang yang hanya menghafal tanpa mengamalkan isinya dan bahkan tidak tahu apa artinya. Dalam surat ini, Allah berfiman agar kita berkata pada orang-orang kafir bahwa “untukmu agamamu dan untukku agamaku”.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Dalam kalimat tersebut tersirat bahwa kita harus menyakini bahwa untuk kita umat muslim adalah agama kita, sedangkan untuk orang kafir adalah agama mereka sendiri. Biarkanlah mereka menyembah apa yang mereka sembah asalkan jangan sampai kita ikut-ikutan menyembah sembahan mereka.

Di dalam Al Qur’an Tuhan juga berfirman dengan jelas bahwa Islam adalah agama yang tidak dipaksakan. Walaupun kita tahu bahwa Islam adalah yang paling benar, kita tidak boleh memaksakan orang lain untuk mengikuti agama kita.

Bahkan para rasul hanya diperintahkan untuk menyampaikan berita gembira dan peringatan bagi umat manusia dengan tidak memaksakan kehendak.Jika para umat menentang, biarlah Allah yang memutuskan yang terbaik bagi mereka.Kita tidak diperintahkan untuk berlaku kasar dalam menyebarkan agama yang sangat menjunjung tinggi nilai cinta kasih ini.

Kita hanya boleh melakukan kekerasan jika hal tersebut terpaksa kita lakukan dengan tujuan melindungi diri atau membalas dengan cara yang sesuai dengan apa yang kita terima. Jadi, kekerasan yang dilakukan tanpa alasan tersebut adalah salah walau tujuannya adalah membela agama Islam.

Allah juga berfirman bahwa manusia diciptakan berbeda-beda dengan tujuan agar mereka saling mengenal.Bisa saja Allah membuat dunia ini dipenuhi oleh satu umat saja, tetapi Allah tidak melakukan hal itu, karena perbedaan juga merupakan satu ujian bagi manusia dalam melaksanakan semua perintah dan larangan Allah.

Janganlah sampai perbedaan itu mengacaukan dunia tetapi seharusnya perbedaan itu mendekatkan manusia setelah saling mengenal satu sama lain.

Dalam hal kekafiran umat ataupun kesalahan yang mereka perbuat, yang bisa kita lakukan adalah memberi tahu mana yang benar dengan cara yang baik tanpa harus menyakiti baik fisik maupun batin orang tersebut.

Jika memang mereka tidak mau melakukan apa yang benar, biarkanlah mereka dalam kesesatan mereka. Semuanya pada akhirnya akan diputuskan oleh Allah.

Lagi pula kita jangan merasa sok benar karena kita ini manusia yang tidak akan pernah sempurna. Jadi lakukanlah yang terbaik yang bisa kita lakukan karena kita semua ini sebenarnya masing-masing hanya menunggu saat akhir. Selalulah ingat bahwa Islam adalah agama yang cinta damai dan tidak senang menyakiti.Hormatilah pemeluk agama lain dan bekerjasamalah dengan baik.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.