Mengapa Wanita dalam Islam Wajib Mengenakan Jilbab?

Mengapa seorang wanita di dalam Islam wajib hukumnya mengenakan jilbab? Disini akan dijelaskan beberapa alasan logis mengenai hal tersebut.

Di dalam Islam, seorang perempuan muslim diwajibkan untuk mengenakan jilbab atau pakaian yang menutupi aurat. Jadi jilbab bukan sekedar tutup kepala. Banyak orang salah memaknai kata jilbab.

Mereka hanya berpikir bahwa jilbab hanya sebatas kain penutup kepala yang fungsinya hanya menutupi rambut.

Jilbab adalah pakaian seorang muslimah yang menutupi bagian-bagian aurat kaum wanita. Yang tidak menjadi bagian dari aurat wanita adalah telapak tangan dan wajah.

Jadi setiap jilbab sudah pasti sebuah kerudung, tetapi kerudung belum tentu bentuknya sebagai jilbab. Jilbab yang dikenakan oleh seorang wanita muslim harus menutupi kepala, leher, dada serta bagian-bagian tubuh wanita yang dianggap sebagai perhiasan atas diri kaum wanitab tersebut.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Islam telah mewajibkan kaum wanita memakai jilbab yang tertuang dalam firman Allah QS. Annur ayat 31. Dimana dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada wanita-wanita muslim untuk menjulurkan pakaian mereka hingga ke dada.

Pada saat ayat ini diturunkan, kaum wanita pada saat itu berlarian menyobek kain jendela dan kain pintu untuk mereka tutupkan ke kepala mereka sebagai jilbab. Demikian responsif para shahabiyah di masa itu dalam menunaikan seruan Allah SWT melalui firman Nya yang disampaikan melalui Muhammad SAW.

Mengapa Islam mewajibkan kaum wanitanya untuk mengenakan jilbab? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Jilbab untuk memuliakan kaum wanita
Wanita yang mengenakan jilbab lebih terjaga kehormatannya dibanding dengan mereka yang tidak memakai jilbab.

Kecantikan tubuh wanita yang ditujunkkan kepada para pria yang bukan suaminya bukan akan meningkatkan kehormatan dan marwah seorang wanita, sebaliknya biasanya hanya akan menjadi bahan perbincangan kaum wanita, bahan khayalan seks kaum lelaki yang tidak berhak atas kecantikan tersebut.

2. Jilbab menjaga kaum wanita dari tindakan asusila
Banyaknya kasus pelecahan seksual hingga berujung pada pemerkosaan biasanya diawali dari kesempatan yang diberikan oleh kaum wanita terhadap para pria yang memang secara manusiawi memiliki hasrat apabila melihat kecantikan wanita yang dibuka.

Jadi salah jika sebagian wanita berpikir bahwa kesalahan hanya terletak pada kaum laki-laki yang bermata keranjang. Betapa banyak orang-orang yang semula tidak punya maksud menjadi berkeinginan setelah melihat ada kesempatan.

3. Jilbab untuk kesehatan
Ternyata jilbab juga berguna untuk kesehatan tubuh. Jilbab dapat melindungi kulit tubuh dari terpaan radiasi matahari yang dapat memicu terjadinya kanker kulit. Kaum wanita yang selalu mengenakan jilbab biasanya akan terlindung kulitnya dari terpaan cahaya matahari secara langsung.

4. Jilbab untuk kecantikan
Jilbab juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kaum wanita. Wanita yang memakai jilbab biasanya kulitnya akan menjadi lebih putih dibandingkan dengan sebelum ia mengenakan jilbab. Rambutnya akan terlindung dari cahaya matahari yang dapat membuat rambut menjadi lepek.

Mengapa seorang wanita dalam Islam wajib memakai jilbab? Karena dengan jilbab tersebut akan diperoleh berbagai manfaat yang akan dirasakan sendiri oleh kaum wanita tersebut. Tidak ada suatu perintah kebaikan di dalam Islam kecuali kebaikan itu akan terpulang lagi kepada para pelakunya.

Masih ragu untuk mengenakan jilbab? Jangan takut tak dapat jodoh dengan memakai jilbab.

Justru sebaliknya, jika Anda memakai jilbab, maka jodoh Anda akan lebih berkualitas dibanding dengan Anda tidak menjalankan syariah tersebut. Tidak percaya? Buktikan sendiri.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.