Marketing Strategy untuk Branding Islam yang Merupakan Rahmat Seluruh Alam

Nama baik Islam telah tercemar dengan banyaknya pemberitaan-pemberitaan terorisme yang mengatasnamakan jihad. Masyarakat dunia semakin meyakini bahwa Islam adalah pembawa kekerasan dan pembunuh berdarah dingin yang bahkan rela mati untuk mengambil nyawa orang lain tanpa alasan yang kuat.

Di berbagai negara banyak sekali yang melakukan diskriminasi pada umat Islam.

Hal ini tentunya sangat merugikan agama Islam yang sebenarnya adalah rahmat bagi seluruh alam yang sangat menjunjung tinggi nilai kedamaian, kasih sayang, cinta kasih, keadilan, dan juga memberikan manfaat yang besar bagi manusia dan dunia secara keseluruhan. Oleh karena itulah, kita harus membuat Marketing Strategy untuk Branding Islam.

Cara paling utama dalam membangun citra Islam yang baik adalah dengan menjadi seorang muslim yang kaffah atau seorang muslim yang menjalankan Islam secara keseluruhan, benar, dan sungguh-sungguh.

Kata lainnya adalah jangan setengah-setengah dalam menjalankan Islam karena Islam bukan hanya sekedar menjalankan rukun Islam yang 5 karena dalam Islam banyak sekali perintah, ajaran, dan larangan yang harus dipatuhi.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Sebagai contoh, kita mengaku Islam dan mengerjakan lima rukun Islam tetapi saat meminjamkan uang kita menarik riba. Hal yang seperti itu akan membuat orang menjadi salah paham dengan Islam karena Pak Haji yang selalu rajin ke masjid dan bersedekah ternyata sedekahnya dari uang riba yang membuat susah orang lain.

Hal lain yang sering membuat orang salah paham terhadap Islam adalah sebagian umat muslim yang sering mengagung-agungkan benda yang merupakan bukti kebesaran Tuhan seperti hajar aswad. Batu tersebut adalah bukti kebesaran Allah yang seharusnya bisa meningkatkan keimanan tetapi bukanlah sesuatu yang harus diagungkan, karena itu berarti syirik.

Kita bisa membayangkan betapa para umat agama lain akan semakin mencibir Islam jika umat Islam sendiri saling menyakiti hanya untuk mencium hajar aswad yang hanya merupakan batu.

Kita sendiri yang selalu menggaungkan bahwa tiada sekutu bagi Allah, tetapi mengapa kita begitu mencintai benda? Tidak ada kewajiban untuk mencium hajar aswad tetapi menyakiti orang lain adalah dosa. Jadi gunakanlah akan sehat dan dahulukan kepentingan umat daripada kepentingan pribadi yang hampir mendekati syirik atau bahkan benar-benar syirik karena kita mengagungkan benda.

Banyaknya orang yang salah paham terhadap Islam sebagian besar dikarenakan mereka melihat tingkah laku umat Islam yang tidak Islami.Oleh karena itu, kita harus menghilangkan kesalahpahaman itu dengan memperlihatkan Islam yang benar secara keseluruhan.

Dan hal itu tentunya dimulai dari diri sendiri.Jika kita menjalankan Islam dengan benar dan sungguh-sungguh, orang akan melihat Islam secara benar dengan sendirinya bahkan tanpa kita harus berkoar-koar tentang Islam yang benar.

Setelah kita memperbaiki diri sendiri, barulah kita menyebarkan Islam keluar dengan cara yang benar.

Strategi yang terbaik adalah dengan ilmu pengetahuan dan bakti sosial.Kita harus membuktikan bahwa Islam bukan hanya sholat dan puasa, tetapi Islam mengajarkan umatnya untuk selalu belajar dan mempergunakan pengetahuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjaga bumi sebagai khalifah yang diutus oleh Allah.

Kita harus bisa membuktikan bahwa umat Islam adalah umat yang pintar dan mampu memberikan kebaikan bagi seluruh alam. Kita juga harus menjadi yang terdepan dalam gerakan sosial karena Allah memerintahkan muslimin dan muslimat untuk saling membantu dan selalu bersedekah.

Lalu ajaklah semua orang untuk selalu berbuat kebaikan dan bersabar.

Namun tentunya strategi diatas hanyalah sebagian kecil dan masih banyak lagi strategi yang bisa dilakukan.Yang terpenting lakukanlah dengan benar dan sesuai dengan ajaran Islam.Insyaallah, niat kita untuk mencitrakan Islam dengan baik akan diridhoi oleh Allah S.W.T.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.