Manfaat Dakwah secara Online via Internet

Kehadiran teknologi internet telah benar-benar mengubah wajah dunia. Beberapa dekade lalu, ketika internet belum lahir atau masih menjadi makhluk asing bagi sebagian besar penduduk bumi, membicangkan bagaimana manusia dapat saling terhubung tanpa harus saling bertemu muka, selalu menjadi hal yang mengerikan.

Tidakkah semua ini akan mereduksi hakikat dari interaksi sosial yang merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia?

Ternyata tidak. Kemudahan menjalin relasi di dunia maya bahkan kerap kali menjadi solusi, dan sama sekali tidak lantas membuat kebutuhan manusia untuk berinteraksi secara intens menjadi berkurang. Internet justru menjadi media yang dapat memperluas jaringan.

Melalui internet, kita dapat menjalin pertemanan dengan orang-orang dari berbagai belaham bumi, dengan beragam latar belakang dan usia.

Melalui internet pula, kita dapat menemukan kembali kawan-kawan lama yang telah lama “hilang” dan menjadi makin dekat dengan keluarga serta kerabat, meskipun terpisah oleh jarak.

Hanya saja, internet tidak menghamparkan realitas tunggal. Tidak dapat dipungkiri, internet memberi kita banyak hal baik. Akan tetapi, internet pun memuat konten yang membahayakan moralitas mereka yang mengaksesnya. Internet dapat pula disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan.

Namun, itu semua bergantung kepada kita sebagai penggunnya. Jika kita menggunakan internet untuk kebaikan, maka hal-hal bergunalah yang akan kita dapat. Sebaliknyam jika kita menggunakan intenet untuk keburukan, hal-hal buruk pula yang akan kita peroleh.

Kita bisa mendapatkan banyak hal baik dari internet, seperti mengakses informasi dengan cepat, mendistribusikan pesan kepada orang yang jauh hanya dengan sekali klik, mempeluas jaringan, melakukan belanja online, dan menjalankan bisnis online. Kebaikan lain yang dapat kita peroleh dari internet adalah kita bisa menyebarkan kebaikan atau mendapatkan ilmu melalui dakwah secara online via internet.

Saat ini, situs web, blog, atau sosial media yang memuat konten dakwah sangat banyak. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat. Dengan dakwah online ini, umat Islam bisa lebih mudah untuk memperdalam pemahaman ilmu tentang ajaran Islam. Umat Islam bisa mendapatkan beragam topik bahasan hanya dengan mencarinya melalui mesin pencarian.

Dakwah online memudahkan umat Islam mendapatkan jawaban atas masalah yang mereka hadapi. Misalnya, ketika ada orang yang belum mengerti hukum suatu persoalan atau masih ragu, ia dapat mencari dalilnya melalui internet sehingga dapat mengambil tindakan yang benar.

Contohnya, seseorang belum tahu atau masih ragu mengenai kehalalan suatu jenis makanan, ia dapat mencari referensi di internet.

Pencarian referensi ini dapat dilakukan secara mudah dan segera. Dakwah online via internet yang menyajikan perenungan-perenungan yang menyentuh hati, sebagaimana yang dilakukan Ustaz Yusuf Mansyur, Aa Gym, dan banyak ulama lainnya, juga membawa pencerahan bagi umat.

Perenungan-perenungan tersebut mampu menggerakkan hati mereka yang membacanya untuk menjadi manusia yang lebih baik dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Manfaat lain dakwah secara online via internet yang tidak kalah penting adalah mampu menjalin ukhuwah yang kukuh di kalangan umat Islam dari seluruh dunia. Media dakwah online dapat membuat umat Islam saling terhubung. Informasi dari media dakwah online juga sangat efektif untuk menumbuhkan solidaritas di kalangan umat Islam.

Manfaat media internet untuk kegiatan dakwah memang tidak terbatas. Kita dapat menjadi bagian dari gerakan dakwa online ini dengan membagikan ilmu dan pengalaman kita yang tentu juga bermanfaat untuk saudara-saudara kita sesama muslim. Atau, kita dapat menjadikan diri kita muslim yang lebih baik dengan menambah ilmu agama melalui internet dan mengamalkannya.