Love What You Do : Manifestasi Etos Kerja Islami

Sudah berapa lamakah anda bekerja pada bidang yang anda geluti saat ini? Apakah anda merasa pekerjaan anda membebani anda? jika iya, mungkin anda harus meninjau ulang niat anda bekerja. Kerja yang hanya diniatkan untuk mencari uang memang terasa akan lebih melelahkan dibanding dengan kerja yang diniatkan untuk ibadah.

Jika masih belum percaya, coba anda tengok orang-orang di sekitar anda. mulai perhatikan yang mana saja orang yang lebih mengejar keduniawian dan yang mana saja yang mendapatkan nikmat duniawi melalui jalan yang berkah. Atau, anda bisa juga melakukan interview dengan beberapa orang yang bekerja.

Kemudian coba bandingkan, lebih banyak mana keluhan yang akan anda dengar dari orang-orang itu. Apakah yang memiliki niat bekerja untuk membeli rumah mewah ataukah orang yang bekerja untuk memenuhi kewajiban menafkahi anak dan istrinya?

Sebenarnya, apapun yang kita lakukan di dunia ini jika tidak dilandasi dengan ibadah, maka akan sia-sia saja karena sebetulnya hal yang paling hakiki adalah akherat. Maka setiap apa yang kita kerjakan di dunia ini hendaklah kita tujukan untuk mencapai akherat Allah SWT yang mulia.

Bekerja dengan tujuan mendapatkan uang untuk membeli mobil hanya akan member kita mobil yang kita inginkan, tetapi jika niat kita bekerja hanya untuk menghidupi keluarga karena Allah SWT memerintahkan kita untuk itu, maka bukan hanya rejeki dunia saja yang akan dapat, melainkan kebahagiaan akherat di hari kemudian.

Kemanfaatan dari kerja yang diniatkan untuk ibadah juga banyak sekali, salah satunya adalah tidak mudah capek. Kenapa demikian? Itu wajar karena kelelahan mudah sekali terjaid saat hati kita tidak dalam keadaan tenang dan damai. Orang yang bekerja karena Allah SWT, di hatinya hanya ada keikhlasan, jadi dia tidak akan mudah mengeluh dan capek. Karena keluhan lah yang sebenarnya membuat raga kita semakin berat menjalankan suatu pekerjaan.

Untuk memperolah niat iklhas karena Allah SWT itu banyak caranya, diantaranya adalah:

1. Meyakini bahwa kerja itu merupakan rahmat

Coba pikirkan berapa banyak orang yang diluar sana lontang-lantung tidak memiliki pekerjaan. Untuk makan sehari-hari saja sudah sangat susah, bahkan terkadang mereka harus mengemis dulu hanya untuk dapat makan di hari itu. Jadi, tidak ingin bersyukurkah anda yang diberi rahmat berupa pekerjaan dan kemampuan untuk melakukannya?

2. Meyakini bahwa kerja adalah amanah

Seseorang akan dapat dipercaya orang lain jikalau ketika dia diberi amanah dilaksanakan dengan baik. Begitu pula pekerjaan, jika anda berpikir bahwa pekerjaan anda merupakan amanah dari Allah SWT, maka dengan segenap hati anda akan melaksanakannya dengan tanggung jawab yang penuh.

Dengan berpikir bahwa pekerjaan adalah amanah, itu juga berarti kita member spirit pada diri kita sendiri untuk tidak melakukan hal-hal yang buruk di tempat kita bekerja karena kita yakin Allah SWT maha melihat dan akan selalu membalas apapun yang kita lakukan.