Kiat Praktis agar Kita Rajin Shalat Tahajud

Shalat Tahajud merupakan shalat sunah mu’akad, yaitu shalat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan (hampir mendekati wajib).

Nabi Muhammad SAW pun tidak pernah meninggalkan shalat Tahajud sepanjang hidup beliau. Orang-orang saleh juga melakukan yang tidak jauh berbeda, yaitu selalu mengerjakan shalat Tahajud.

Shalat Tahajud adalah shalat sunah yang dilaksanakan pada malam hari, mulai sehabis Isya hingga menjelang subuh, dan dikerjakan setelah bangun tidur. Namun, menurut pendapat para ulama, waktu yang paling utama untuk mengerjakan shalat Tahajud adalah pada sepertiga akhir malam, yaitu sekitar pukul 01.00 hingga menjelang shalat Subuh.

Shalat Tahajud merupakan amalan yang sungguh mulia karena memiliki banyak keutamaan. Keutamaan shalat Tahajud, antara lain sebagai berikut.

a. Mendapatkan pahala shalat.
b. Allah akan memeliharanya dari bala (bencana).

c. Menjadi amal yang dapat menolong di akhirat kelak.

d. Waktu yang utama untuk memanjatkan segala doa karena waktu shalat Tahajud adalah waktu ketiga doa didengar.
e. Merupakan amalan yang akan mengantarkan seorang hamba masuk surga.

f. Penghapus kesalahan dan dosa.

g. Menjadikan seseorang sebagai orang yang paling dekat dengan Allah SWT dan senantiasa dicaintai-Nya.
h. Merupakan saran meraih kemuliaan.

i. Sebagai jalan untuk memperoleh rahmat dari Allah SWT.
j. Akan dicintai manusia dan seluruh hamba Allah.
k. Wajahnya berseri-seri sebagai penanda ketaatannya.

Begitu banyak keutamaan yang bisa didapat oleh seseorang yang rajin mengerjakan shalat Tahajud, baik kemuliaan di dunia maupun akhirat. Namun, bagi sebagian orang, mengerjakan shalat Tahajud terasa begitu berat sehingga sulit sekali untuk dapat menjadikannya sebuah rutinitas atau kebiasaan.

Namun, sulit bukan berarti tidak bisa. Rasa berat dan sulit mengerjakan shalat Tahajud di tengah malam atau sepertiga akhir malam timbul hanya karena kita belum terbiasa.

Seperti kata pepatah, kita akan bisa jika terbiasa. Jika telah menjadi kebiasaan, maka shalat Tahajud akan terasa ringan dan sungguh nikmat. Bagaimana cara agar bisa shalat Tahajud tengah malam? Berikut tips untuk Anda.

a. Selalu mengingat keutamaan shalat Tahajud
Shalat Tahajud memiliki banyak keutamaan, baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat. Nabi Muhammad mencontohkan bahwa beliau tidak pernah meninggalkan shalat Tahajud.

Begitu pula para sahabat dan orang-orang saleh. Kesadaran mengenai hal ini akan menumbuhkan motivasi yang kuat untuk dapat mengerjakan shalat Tahajud, demi meraih keutamannya dan mencontoh teladan dari Rasulullah SAW, para sahabat, dan orang-orang saleh.

b. Tidur lebih awal
Tidur lebih awal dan bangun lebih awal merupakan gaya hidup sehat yang diajarkan dalam Islam. Dengan tidur lebih awal, kemungkinan besar Anda pun bisa bangun tengah malam untuk mengerjakan shalat Tahajud. Sebisa mungkin hindari begadang jika tidak ada keperluan yang mendesak.

c. Wudhu, membaca Al-Qur,an, berdoa, dan berniat shalat Tahajud sebelum tidur
Tidur dalam keadaan bersuci, diawali dengan membaca Al-Qur,an dan berdoa, serta niat yang kuat untuk mengerjakan shalat Tahajud akan diterima tubuh sebagai sinyal yang kuat. Hingga Insya Allah Anda akan terbangun dengan sendirinya di tengah malam. Jika telah terbangun, segeralah bangkit dari tidur. Jangan biarkan Anda tertidur kembali.

d. Hindari terlalu banyak makan sebelum tidur
Perut yang kenyang akan membuat Anda tidur sangat lelap sehingga akan sulit terbangun di tengah malam.

e. Nyalakan alarm
Jika Anda belum dapat terbangun sendiri di tengah malam untuk mengerjakan shalat Tahajud, Anda dapat menggunakan alarm jam atau HP untuk membangunkan Anda. Begitu terdengar bunyi alarm, segeralah bangkit dari tidur. Jika tidak, rasa malas akan mengalahkan Anda dan Anda pun akan tertidur kembali.

f. Ajaklah orang terdekat untuk shalat Tahajud juga
Jika Anda belum bisa mendisiplinkan diri untuk mengerjakan shalat Tahajud seorang diri, Anda bisa mengajak teman, saudara, anak, atau istri/suami untuk sama-sama bangun shalat Tahajud. Cari ini dapat memotivasi Anda untuk lebih bersemangat mengerjakan shalat Tahajud.