Kiat Ampuh Membangun Kebiasaan Sholat Subuh Berjama’ah di Mesjid

Sholat subuh berjama’ah di mesjid adalah salah satu amalan mulia yang disukai oleh Allah SWT. Setiap langkah kaki kita untuk datang ke mesjid pada fajar yang hening itu akan selalu dicatat oleh malaikat dengan penuh rasa sukacita.

Bagi kita yang menjalaninya, sholat subuh berjamaah di mesjid, sungguh merupakan pengalaman harian yang syahdu dan menggetarkan. Berjalan kaki atau bersepeda menuju mesjid di lingkungan kompleks perumahan kita, di tengah fajar pagi yang hening dan menentramkan, merupakan ritual yang “sesuatu banget”.

Bagi yang berangkat ke kantor setiap pagi, maka sholat subuh berjamaah di mesjid merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan dengan terus menerus. Sebab, saat itu masih ada waktu sebelum bersiap-siap peri berangkat ke kantor. Bahkan sholat subuh berjamaah di mesjid merupakan awal persiapan yang sangat baik sebelum datang ke kantor untuk mengerjakan tugas.

Lalu bagaimana agar kita bisa bangun fajar dan kemudian bisa melakukan sholat subuh berjamaah di mesjid? Kombinasi yang pas mungkin seperti ini : bangun antara jam 3 – 4 dinihari, lalu sholat tahajud. Setelah selesa, baca beberapa lembar Al Qur’an untuk menunggun datangnya adzan Subuh, dan kemudian segera datang ke mesjid ketika suara adzan berkumandang.

Kuncinya adalah membiasakan agar diri kita bisa bangun pada jam 3 – 4 pagi. Kebiasaan ini pelan-pelan harus mulai di-pupuk. Apakah bisa? Ya pasti bisa, sebab selama ini pun Anda sudah punya kebiasaan yang bersifat otomatis : seperti kebiasaan makan pagi, kebiasaan gosok gigi, kebiasaan membaca internet, dll. Jadi ritual bangun jam 3 – 4 pagi juga bisa menjadi kebiasaan yang bersifat otomatis.

Salah satu cara yang mudah untuk membuat kita bisa bangun pagi adalah dengan tidur malam lebih awal, misal paling lambat kita harus membiasakan diri agar tidur jam 9 malam. Awalnya mungkin berat, untuk membiasakan agar tidur jam 9 malam dan lalu bangun jam 3 – 4 pagi.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Namun pelan-pelan kalau kita paksakan, maka kebiasaan tidur dan bangun dinihari itu akan menjadi kebiasaan yang bersifat otomatis. Dengan ini, kita bisa dengan mudah melakukan sholat tahajud, dan kemudian sholat subuh berjama’ah di mesjid.

So, start bulding your NEW HABIT today !!

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.