Kebaikan dan pahala shalat tahajud sudah banyak yang mengetahuinya, tetapi masih sedikit yang menjalankannya. Mengapa? Ya, banyak yang mengatakan menjalankan shalat tahajud secara kontinyu adalah tantangan besar, itu sangat sulit. Bagi Anda yang merasa sulit, pada bab berikutnya akan dibahas bagaimana agar kita bisa terbiasa bangun malam dan shalat tahajud.

Anggaplah saat ini Anda sudah biasa menjalankan shalat malam. Artinya Anda sudah sanggup melalui berbagai hambatan dan halangan untuk shalat malam. Tidak semua orang bisa, Anda perlu bersyukur dan mengambil hikmah dari hal ini.

Kesadaran bahwa Anda mampu melakukan yang sulit, bisa memicu rasa syukur bahwa Anda mendapatkan kesempatan untuk menerima panggilan Allah. Hati-hati saja, jangan sampai merasa ujub bahwa Anda lebih baik dibandingkan orang lain.
Syukuri bahwa Anda bisa bangun malam. Yang perlu Anda lakukan adalah Anda berterima kasih kepada Allah.

Artinya komunikasi Anda hanya kepada Allah, tidak perlu cerita kepada orang lain bahwa Anda rajin shalat malam. Tidak perlu update status di facebook atau berkicau di twitter, biarlah yang mengetahuinya hanya Anda dan Allah.

Yang penting adalah Anda bersyukur dengan cara memanfaatkan kemampuan beribadah ini. Rasa syukur Anda bisa ditunjukan (kepada Allah) dengan cara meningkatkan amalan secara terus menerus baik kuantitas maupun kualitas.

Hikmah dari kemampuan Anda melalui hal yang sulit adalah harusnya Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Anda mampu melalui hal sulit dan melawan setan yang mengingat kita dengan tiga ikatan, kita tetap bangun dan tetap shalat tahajud. Artinya Anda sebenarnya mampu dan kemampuan mengatasi kesulitan dan hambatan ini bisa Anda aplikasikan untuk hal lainnya.

Dakwah itu sulit, tapi Anda tidak perlu berhenti dakwah sebab Anda sudah terbukti memiliki kemampuan. Teruskan dakwah Anda, yakinlah bahwa Anda mampu menjalankannya dan mampu mengatasi halangan dan rintangan. Termasuk mampu melawan rasa malas yang datang dari dalam diri Anda sendiri.

Karena Anda merasa percaya diri dengan kemampuan Anda, maka yakinlah Anda bisa mendapatkan karir yang lebih baik jika Anda seorang karyawan. Tidak ada alasan Anda hanya betah dengan karir Anda saat ini, Anda memiliki kemampuan untuk meraih karir yang lebih baik. Anda sudah terbukti, bukti yang tidak terbantahkan bahwa Anda mampu.

Definisi karir yang lebih baik bisa dilihat dari besar gaji, sehingga Anda bisa infaq lebih banyak. Anda juga bisa menjadi pemimpin yang hebat sehingga bisa mengarahkan anak buah menjadi lebih baik. Namun bukan hanya itu, karir yang lebih baik bisa juga karir yang memberikan dampak positif bagi ibadah dan keluarga Anda.

Bisa jadi Anda mendapatkan karir baru yang memberikan peluang dan keleluasaan untuk berdakwah. Bisa juga Anda mendapatkan karir yang menjadikan keluarga Anda bahagia dan merasa cocok dengan pekerjaan Anda. Dan, Anda sanggup untuk mendapatkan karir yang lebih baik ini.

Orang yang rajin tahajud akan otomatis memiliki semangat pencapaian yang tinggi. Seorang yang merasa terpanggil, tidak mungkin akan berbuat asal-asalan. Dia akan memberikan yang terbaik dan meraih pencapaian setinggi mungkin. Tentu saja, selama itu untuk tujuan mulia.

Kedekatan Dengan Allah

“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim)

Saat-saat shalat tahajud adalah saat kita sedang dekat-dekatnya dengan Allah. Bukan hanya itu, jika seseorang rajin beribadah, bahkan ibadah yang termasuk sulit, maka wajar jika Allah menyayanginya serta dekat dengan dia.
Menjadi pribadi yang dekat dengan Allah tentu akan memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan kita.

1. Kedekatan dengan Allah akan menjadikan diri kita optimis. Bagaimana tidak? Do’a-do’a kita akan lebih mudah dikabulkan olah Allah.

2. Kedekatan dengan Allah akan menjadikan diri kita menjadi pribadi yang berani, karena kita yakin bahwa Allah akan menolong kita.

3. Kedekatan dengan Allah tidak akan menjadikan diri kita galau, kejelasan selalu ada di depan kita yaitu mendapatkan ridla Allah.

Intinya, kedekatan dengan Allah menjadikan diri kita lebih tegar dalam menghadapi berbagai halangan dan rintangan. Apa pun yang terjadi, kita yakin itu yang terbaik bagi kita. Tidak ada yang perlu ditakuti atau dikhawatirkan, semua yang terjadi untuk kebaikan kita. Kita akan memiliki keyakinan dalam melangkah, sebab langkah kita mendapatkan dukungan dan bimbingan dari Allah.

Ketenangan Bagi Hamba Yang Melakukan Shalat Tahajud
“Sesungguhnya Allah akan mempercepat terwujudnya harapan dan memberi rasa aman kepada hambanya yang melaksanakan shalat malam.” (HR. Ahmad)

Ketenangan ini akan menjadikan diri kita fokus. Karena tidak ada yang kita khawatirkan di dunia ini, maka setiap aktivitas akan dilakukan dengan fokus. Dan kita sudah mengetahuinya, setiap tindakan atau aktivitas yang kita lakukan dengan fokus akan memberikan hasil yang terbaik. Kita akan menjadi juara dalam bidang apa pun, dalam karir, dalam bisnis, dalam kehidupan sosial, dalam dakwah, dan aspek kehidupan lainnya.

Kekhawatiran dan ketakutan bisa mengikis energi kita, sehingga kita tidak akan pernah bisa bekerja secara optimal. Orang yang rajin tahajud akan mendapatkan rasa aman, sehingga energinya tidak perlu terkikis oleh kekhawatiran dan ketakutan itu, tetapi fokus hanya untuk beribadah, termasuk didalamnya dalam menjemput rezeki.

Banyak orang kesulitan untuk fokus karena begitu banyak hal yang ditakutkan dan dikhawatirkan. Namun tidak bagi orang yang rajin shalat tahajud, dia begitu tenang dan menghasilkan fokus sehingga pencapaiannya akan luar biasa, melebihi orang rata-rata. Lihatlah bagaimana para pejuang Islam, saat berperang mereka tidak pernah meninggalkan tahajud, apalagi saat tenang. Maka tidak heran, kemenangan gemilang bisa mereka raih meski jumlah dan kekuatan mereka sedikit.

Sejauh mana fokus begitu penting dalam kehidupan kita? Cara sederhana menjelaskan kekuatan fokus adalah bagaimana cahaya matahari memiliki kekuatan membakar yang jauh lebih kuat jika menggunakan kata pembesar dibanding tanpa kaca pembesar. Saat tangan Anda terkena sinar matahari, mungkin hanya hangat yang dirasakan, tetapi jika melalu kaca pembesar, pada fokus yang tepat, hati-hati, tangan Anda bisa terbakar.

Begitu juga dengan energi yang ada dalam diri kita. Jika kita fokus pada satu titik, maka energi tersebut akan memberikan dampak yang besar terhadap pencapaian Anda. Jika Anda memikirkan banyak hal, mengkhawatirkan banyak hal, maka pikiran Anda tidak akan pernah fokus sehingga tidak akan pernah memiliki kekuatan untuk memberikan hasil yang terbaik.

Tahajud menjadikan diri Anda menjadi pribadi yang dekat dengan Allah. Kedekatan ini menjadi diri Anda tenang. Kemudian, ketengan menjadikan Anda fokus, dan fokus menjadikan Anda memiliki pencapaian yang besar. Jelas sudah, bahwa tahajud tidak membawa kebaikan di akhirat saja, tetapi juga di dunia.

Selain fokus, apa yang kita dapatkan jika kita bisa tenang? Ya, kita bisa berpikir jernih. Pikiran jernih hanya bisa didapatkan jika kita memiliki hati yang tenang. Saat kita dilanda takut, khawatir, atau gelisah, maka kemungkinan besar pikiran kita akan terpengaruh olah emosi kita.

Bukan menurut akal atau pikiran, tapi lebih mengedepankan perasaan, emosi, atau hawa nafsu yang memiliki kemungkinan salah lebih besar, bahkan ada kemungkinan ditunggangi syaithan.

Pernahkan Anda mengalami perstiwa yang membuat Anda panik? Kepanikan adalah salah satu bentuk ketidaktenangan sehingga bisa melakukan apa saja yang sebenarnya tidak logis. Seseorang yang tenggelam dan hanyut, meraih rumput berharap akan selamat, padahal rumput tidak akan mampu menahan tubuhnya. Ini dilakukan karena ada unsur panik, tidak tenang.

Orang yang tenang, tentu dia akan memiliki pikiran yang jernih, pikiran yang tepat, logis, dan kritis. Pikiran yang jernih akan mengambilkan berdasarkan logika yang benar, tidak melewatkan hal-hal yang penting, dan juga bisa menemukan hal-hal yang tidak ditemukan oleh orang lain.

Kejernihan berpikir sangat diperlukan untuk semua aspek kehidupan kita. Kejernihan berpikir akan menentukan kualitas dan kebenaran keputusan kita. Sementara setiap keputusan yang kita ambil seperti setir yang mengarahkan hidup kita. Semakin benar dan baik keputusan yang diambil, maka arah hidup kita akan menuju kondisi yang benar dan lebih baik.

Orang-orang yang tidak bisa berpikir jernih karena khawatir atau takut, bisa membawa kepada keputusan-keputusan keliru. Tidak sedikit orang yang menyesal karena mengambil keputusan yang salah. Karena keputusan yang diambil teburur-buru, atau hanya terbawa perasaan takut dan khawatir bukan hasil pemikiran yang jernih.

Orang yang rajin tahajud selalu memiliki pikiran yang tenang, sehingga dia mampu berpikir jernih. Pikiran jernih ini akan menghasilkan keputusan-keputusan yang benar dan baik sehingga mengarahkan hidupnya ke arah yang benar dan baik pula. Logikanya seperti itu dan sederhana.

Rasa Optimis
Kedekatan diri dengan Allah akan menjadikan seseorang menjadi optimis. Saat Anda yakin dekat dengan Allah, saat Anda yakin akan mendapatkan pertolongan Allah, maka apa yang bisa menghalangi Anda? Anda akan yakin, bahkan keyakinan yang tinggi bahwa Anda akan mencapai apa yang Anda inginkan.

Keyakinan ini akan berdampak besar bagi kehidupan Anda. Akan berbeda dengan orang yang tidak yakin atau ragu-ragu. Mungkin Anda melihat, orang yang ragu-ragu sering kali membatalkan keputusannya dan kalau pun dia melakukannya, jika tidak yakin maka apa yang dia lakukan tidak dilakukan dengan optimal.

Keyakinan diri yang kuat akan menjadikan Anda bertindak. Dan kita mengetahui bahwa tindakan adalah mata rantai yang tidak boleh terlewat untuk meraih sukses. Banyak motivator mengatakan: bertindak, bertindak, dan bertindak. Kenapa bertindak begitu sulit? Itu karena keyakinan dia yang lemah. Seseorang yang memiliki keyakinan yang tinggi, akan mudah bertindak.

Seseorang yang mampu bertindak, dia akan banyak mencoba. Secara matematis, semakin banyak kita mencoba maka peluang berhasil akan semakin besar. Memang dengan bertindak tidak menjamin Anda sukses, tetapi tanpa bertindak Anda dijamin tidak akan sukses. Bahkan salah seorang motivator mengatakan bahwa ujung-ujungnya seminar atau pelatihan adalah agar Anda bertindak, tindakan yang tepat tentunya.

Tindakan itu begitu penting dalam meraih sukses. Tanpa tindakan Anda tidak akan pernah sukses, dan sekarang kita punya rahasianya agar mampu bertindak, yaitu dengan rajin shalat tahajud.

Memang tidak semua tindakan akan meraih sukses. Tetapi diperlukan tindakan yang penuh dengan determinasi. Kabar baiknya, tindakan yang dilandasi keyakinan yang kuat akan memiliki determinasi yang kuat juga. Jadi tahajud bukan hanya menjadikan Anda bertindak, tetapi tindakan penuh determinasi yang merupakan kunci sukses.

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang bertindak penuh dengan determinasi. Yaitu tindakan yang terus menerus, cepat, dan kuat. Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Fatih saat menaklukan benteng “yang tidak mungkin ditaklukan”. Semua itu karena Al Fatih dan pasukan beliau memiliki determinasi yang tinggi. Apa rahasianya? Ya, Muhammad Fatih selalu menyeru pasukan agar tetap menjalankan shalat malam, meski mereka dalam kondisi berperang.

Lebih dari itu, tindakan seseorang yang shalat tahajud adalah tindakan yang terbimbing karena dia dekat dengan Allah. Jadi tindakan orang yang rajin shalat tahajud bukan hanya memiliki determinasi yang kuat tetapi terarah ke arah yang tepat karena adanya bimbingan Allah. Luar biasa, ini adalah rahasia sukses dan pencapaian.

Tidak semua tindakan akan membawa kepada keberhasilan. Jika Anda terus melangkah ke arah yang salah, apakah Anda akan mencapai tujuan? Tentu tidak akan pernah sampai Anda mengubah arah ke arah tujuan yang tepat. Sebagai hamba yang selalu mendirikan shalat tahajud setiap malam, insya Allah, Allah akan selalu membimbing kita ke arah yang benar sehingga kita bisa meraih sukses.

Orang yang memiliki keyakinan tinggi akan bertindak dengan penuh berani. Dia tidak akan pernah takut karena dia yakin akan mendapatkan petolongan dari Allah. Keyakinan tinggi ini pun akan menjadikan Anda penuh dengan kepercayaan diri. Tindakan Anda akan tergantung kepercayaan diri Anda. Semakin percaya diri Anda, semakin besar dan semakin berkualitas tindakan Anda.

Ketakutan dan rasa rendah diri akan merusak usaha Anda. Ketakutan akan mengikis energi Anda sehingga tidak memberikan hasil yang optimal. Sementara rendah diri akan mengakibatkan kualitas tindakan Anda rendah pula. Rendah diri akan menjadikan Anda bertindak pada level rendah sehingga hasilnya akan rendah juga.

Fisik Yang Prima
“Setan membelitkan tiga ikatan pada tengkuk kepala masing-masing kalian ketika kalian tidur. Pada setiap ikatan, setan berbisik, ‘Lewatilah malam yang panjang ini dan tidurlah!’ Jika ia bangun karena ingat akan Allah, lepaslah satu ikatan. Jika kemudian ia berwudhu, lepaslah satu ikatan lagi. Jika kemudian ia shalat, lepaslah semua ikatan itu sehingga pada pagi harinya ia akan giat bekerja dan jiwanya menjadi baik. Jika ia tidak melakukan semua itu maka pada pagi hari jiwanya tidak akan menjadi baik dan ia akan malas bekerja.” (HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

“Mengapa orang-orang yang membiasakan diri mengerjakan shalat Tahajud di malam hari wajahnya tampak cerah, berseri-seri, dan berwibawa? Karena mereka selalu bercengkrama dengan Tuham Yang maha penyayang di tengah kegelapan malam. Dia memberikan cahaya kepada mereka dari sebagian cahanya-Nya.” (Al Hasan Al Bashri)

Dari hadits diatas dan apa yang dikatakan olah Al Hasan Al Basri, bahwa manfaat dari shalat tahajud bukan hanya menyentuh batin dan mentalitas kita, tetapi juga pada kekuatan dan penampilan fisik. Shalat tahajud menyentuh luar dalam bagi pelakunya.

Giat bekerja tidak akan terlaksana jika tidak memiliki fisik yang prima. Maka wajar para sahabat dan kaum salaf tetap menjalankan ibadah shalat tahajud meski mereka dalam keadaan safar (perjalanan) maupun dalam keadaan perang. Bukankah dalam kondisi seperti itu harus banyak istirahat (tidur) agar besok segar kembali?

Justru mereka malah bangun malam, karena mereka yakin bahwa sumber energi itu datang dari shalat malam. Untuk Anda yang ingin giat bekerja, tidak mudah capek, dan kuat, maka shalat tahajud adalah solusinya. Bahkan banyak kisah yang mengatakan bahwa shalat tahajud bukan hanya menjadikan kuat, tetapi mampu menyembuhkan penyakit.

Jelas, dengan badan yang sehat dan kuat kita akan semangat dalam bekerja, semangat menjalankan bisnis kita, semangat dalam menjalin silaturahim, dan semangat dalam menapaki jalan dakwah yang panjang dan berat. Kita tidak perlu khawatir akan kekurangan energi, shalat tahajud mampu mengalirkan enegi dari Allah ke dalam tubuh kita. Kita tidak perlu takut akan loyo jika bangun malam, justru akan menjadikan kita sehat dan kuat.