Keutamaan Amal Kebaikan kepada Kaum Dhuafa

Sudahkah Anda memperbanyak amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya? Banyak orang yang rajin melakukan amal kebaikan, namun mereka memilih objek yang akan mereka beri amal kebaikan.

Misalnya dalam menolong, membantu sesama, memberi hadiah dan lain sebagainya. Banyak orang yang memilih kaum kaya untuk diberi hadiah, karena dengan harapan orang kaya tersebut akan mampu memberikan balasan yang setimpal.

Sementara ketika memberi kepada kaum yang tidak mampu, diberikan sesuatu yang asal, karena berpikir bahwa orang tidak mampu tersebut tak akan mampu memberikan balasan yang sepadan.

Demikian pula dalam hal menolong. Membantu orang kaya memberikan peluang kita untuk pamrih yang lebih besar. Harapan untuk mendapatkan balasan yang setimpal tentunya jauh lebih mungkin ketimbang membantu orang yang tak mampu.

Inilah beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dalam melakukan berbagai bentuk ibadah sosial.

Lalu apa sebenarnya keutamaan amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya? Rasulullah telah memberikan banyak sekali teladan bagaimana cara memuliakan kaum yang tidak punya. B

ahkan Rasulullah mengatakan bahwa kaum tidak punya adalah teman beliau. Hal ini tentunya saja bahwa amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya memiliki banyak sekali keutamaan.

Apa saja keutamaan amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya tersebut? berikut ini beberapa diantaranya:

1. Amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya akan lebih membuat kita ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu imbalan apapun dari orang yang kita bantu. Berbeda jika kita menolong orang kaya. Sementara ikhlas adalah ruh dari amal perbuatan. Tanpa keikhlasan, maka amal perbuatan itu akan mati dan tak punya nilai di sisi Allah SWT.

2. Amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya akan lebih dirasakan manfaatnya. Bersedekah dengan orang yang tidak punya betul-betul memberikan manfaat yang besar terhadap orang yang disedekahi. Maka pilihan melakukan amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya merupakan cara efektif pemanfaatan amal ibadah bersangkutan.

3. Menggembirakan kaum yang tidak punya adalah memiliki nilai pahala yang sangat besar. Inilah yang sering dilakukan oleh Rasulullah terhadap kaum fakir miskin. Maka setiap apa yang menjadi kebiasaan Rasulullah tentunya memiliki keutamaan yang sangat besar di sisi Allah SWT.

Amal kebaikan kepada kaum yang tidak punya juga akan bisa meneguhkan keimanan mereka. Terlebih untuk mereka yang tidak mampu namun cukup shaleh.

Temukan doa-doa mustajab dari orang-orang tak mampu yang menerima amal kebaikan dari kita. Minta lah doa atas apa yang menjadi hajat kebaikan dalam hidup kita. Orang yang telah kita bantu biasanya akan mendoakan kita secara lebih tulus dan ikhlas.