Inilah Motivasi Islami Bagi Anda yang Ingin Meraih Kesuksesan Hidup

Motivasi islami merupakan motivasi dorongan yang lahir dari konsep pemahaman Islam yang baik dari diri seseorang. Nilai-nilai dari hukum-hukum Islam yang dipelajari akan mampu memberikan spirit sukses bagi kehidupan seseorang.

Target utama motivasi islami tersebut adalah bagaimana seorang muslim mampu meraih kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Kesuksesan yang ia dapatkan akan membawa keberkahan, tidak hanya untuk dirinya dan keluarganya, namun juga untuk orang-orang di sekitarnya dan seluruh ummat manusia.

Sebab sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya, oleh karena itu target sukses yang pertama adalah bagaimana kesuksesan yang diraih seseorang mampu memberi keberkahan bagi lingkungan sekitarnya.

Berikut ini beberapa motivasi islami yang bisa Anda lakukan:

1. Bekerja lah untuk dunia, seolah kita akan hidup untuk selamanya, dan bekerja lah untuk akhirat seolah kita akan mati besok. Ini merupakan ungkapan sebuah hadist Rasulullah yang menganjurkan kepada kita untuk serius dalam menapaki kehidupan di dunia dan tetap mengupayakan kesuksesan hidup di akhirat.

2. Dunia adalah tempat bercocok tanam, maka buah dari tanaman yang akan kita panen bisa diambil saat hidup kita di akhirat kelak.

Ini merupakan motivasi islami yang menganjurkan seseorang agar mengumpulkan persiapan kehidupan akhirat sebanyak-banyaknya agar kelak nantinya kita tidak menyesal. Sebab banyak orang yang mampu sukses mempersiapkan kehidupan dunia, namun mereka lalai dengan kehidupan akhirat yang pasti akan mereka datangi.

3. Orang yang paling cerdas diantara kamu adalah orang yang senantiasa mengingat kematian. Ini merupakan motivasi islami yang mendorong setiap orang untuk mampu mempersiapkan kehidupan bekal di akhirat yang sudah pasti.

Ungkapan tersebut dipetik dari hadist Rasulullah SAW. Kecintaan seseorang terhadap kehidupan dunia telah membuat diri seseorang melupakan kematian, melupakan persiapan hidup di akhirat dan akhirnya takut membincangkan soal kematian. Padahal kematian adalah salah satu bagian dari fase kehidupan manusia yang bakal pasti dijalani.

4. Akhirat yang sukses bisa diraih bila dunia kita juga sukses. Maksudnya bahwa orang yang memiliki kehidupan dunia yang sukses, memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih kesuksesan di akhirat kelak.

Misalnya seseorang yang hidup di dunia dengan jumlah harta yang tak terhitung, maka jika dia menafkahkan hartanya ke jalan yang diridhai Allah, rajin bersedekah dan melakukan berbagai ibadah dengan harta bendanya tersebut, maka akhirat akan sangat mudah ia raih.

Beramal dengan menggunakan harta sangat mudah, tidak capek, cepat dan mampu melakukan berbagai amal ibadah mahal yang tak bisa dilakukan orang yang tak punya harta.

5. Kehidupan di dunia adalah senda gurau. Ini merupakan ungkapan hadist Rasulullah SAW yang juga memberikan peringatan kepada manusia agar tidak lalai dengan kehidupan dunia yang sifatnya fatamorgana. Banyak orang melupakan akhirat hanya karena jebakan kehidupan dunia yang sangat memukau.

Ada banyak motivasi islami yang akan membuat kehidupan seseorang bisa meraih kesuksesan, bukan hanya hidup di dunia namun juga kehidupan di akhirat kelak. Karena kesuksesan yang hakiki adalah kesuksesan pada kehidupan yang kekal nantinya, yakni akhirat.

Setiap muslim hendaknya memandang kehidupan dunia hanyalah kehidupan sementara yang menjadi penyebrangan sebelum seseorang sampai pada kehidupan akhirat. Sehingga tidak terlena dengan godaan-godaan yang akan ditemukan saat melewati suatu penyebranganga. Hidup di dunia sukses dan akhirat pun sukses.

Inilah harapan setiap muslim.