Indahnya Shalat Subuh di Masjid

Bagi sebagian orang, melaksanakan shalat Subuh tepat waktu, apalagi berjamaah di masjid terasa begitu berat.

Rasa kantuk yang masih memberati mata dan udara awal pagi yang dingin, kerap kali begitu kuat menggoda, mengalahkan kesadaran untuk segera menunaikan kewajiban. Hingga shalat Subuh pun kemudian dikerjakan terlambat, atau bahkan terlewatkan.

Pada waktu shalat Subuh, masjid pun banyak yang lengang. Hanya beberapa gelintir orang saja yang shalat Subuh berjamaah. Sebagai umat Islam, kita harus waspada dan berhati-hati jika kerap kali enggan shalat Subuh di awal waktu dan melaksanakannya dengan berjamaah di masjid.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW telah mengingatkan bahwa shalat Isya dan shalat Subuh itu sungguh merupakan shalat yang paling berat untuk orang-orang munafik.

Kita tentu tidak ingin termasuk ke dalam golongan orang munafik bukan? Jika demikian, kita harus mendisiplinkan diri untuk selalu shalat di awal waktu, termasuk shalat Isya dan shalat Subuh.

Selain agar terhindar dimasukkan ke dalam golongan orang-orang munafik, kita harus membiasakan diri shalat Subuh di awal waktu dan berjamaah di masjid karena shalat Subuh adalah shalat yang agung dan memiliki banyak keutamaan.

Keutamaan shalat Subuh yang akan didapat oleh siapa saja yang mengerjakan, antara lain sebagai berikut.

a. Dapat mengantarkan masuk surga.
b. Berada dalam lindungan Allah SWT.
c. Terhalang dari masuk neraka.

d. Sama dengan shalat semalam penuh.

e. Menjadi sumber cahaya di hari kiamat.
f. Dijanjikan melihat Allah SWT kelak di surga.

g. Disaksikan oleh para malaikat.
h. Shalat Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.
i. Dilapangkan rezekinya.

Itulah keutamaan shalat Subuh yang begitu mulia, yang akan diperoleh oleh siapa saja yang mengerjakannya.

Keutamaan itu akan menjadi makin agung jika shalat Subuh dikerjakan secara berjamaah. Shalat jamaah sendiri juga memiliki banyak keutamaan. Al-Qur’an dan hadis banyak menerangkan keutamaan salat berjamah di masjid ini.

Keutamaan-keutamaan shalat berjamaah di masjid tersebut, antara lain sebagai berikut.

a. Menghindarkan dari godaan setan.
b. Pahalanya lebih besar dibandingkan dengan pahala shalat sendirian.
c. Terhindar dari siksa neraka.
d. Terhindar dari sifat munafik.

e. Diampuni dosanya.
f. Didoakan oleh para malaikat.

Betapa indahnya shalat Subuh di masjid. Ketika kita mengerjakannya, kita akan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang dahsyat, yaitu shalat keutamaan shalat Subuh, keutamaan shalat berjamaah, dan keutamaan shalat berjamaah di masjid. Sedemikian luar biasa hikmah shalat Subuh berjamaah.

Maka, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengerjakannya. Mari disiplinkan diri untuk mengerjakan shalat Subuh berjamaah. Dan, kita akan merasakan indahnya shalat Subuh di masjid yang begitu agung.

Jangan sampai kita menjadi manusia yang merugi karena kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keutamaan shalat Subuh berjamaah di masjid, dan lebih celaka lagi, dimasukkan ke dalam golongan orang-orang munafik karena kita alpa menjaga shalat Subuh kita.

Bagaimana agar kita dapat membiasakan diri shalat Subuh berjamaah sehingga indahnya shalat Subuh di masjid dapat kita rasakan? Kita dapat melakukannya dengan cara-cara, antara lain sebagai berikut.

1. Selalu mengingat keutamaan shalat Subuh berjamaah di masjid sehingga kita akan memiliki motivasi yang kuat untuk mengerjakannya.

2. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

3. Sebelum berangkat tidur, kita tanamkan niat yang kuat dalam hati kita untuk shalat Subuh berjamaah di masjid keesokan harinya.

4. Mengajak anggota keluarga untuk bersama-sama mengerjakan shalat Subuh berjamaah di masjid.