Dakwah secara Online via Internet untuk Memperluas Penyebaran Ajaran Agama

Teknologi diciptakan untuk kepentingan manusia agar lebih mudah dan cepat dalam mengerjakan berbagai hal. Salah satunya adalah penyampaian informasi. Alat-alat tradisional seperti kentongan dan terompet kayu digunakan untuk memanggil warga.

Kini, dengan beberapa ketikan atau menekan keypad, informasi dapat tersampaikan dalam hitungan sepersekian detik. Manusia sudah menggunakan peralatan yang lebih modern dan praktis.

Satu media yang menjadi pilihan terhandal yaitu internet yang juga sering disebut World Wide Web, dunia maya atau cyberspace. Saat menjelajahi dunia maya, maka kegiatan yang dilakukan disebut online. Dengan online, kita dapat lebih mudah mengirim pesan atau sekedar mencari informasi dan hiburan. Lalu, apa hubungannya dengan dakwah?

Dakwah secara Online via Internet sudah bukan hal baru lagi. Justru kini sudah banyak ulama atau ustadz yang memanfaatkan media komunikasi ini sebagai alat penyampaian atau syiar ilmu agama kepada khalayak umum. Karena jaringan internet sudah dapat dinikmati sampai ke pelosok dunia, maka penyebaran ilmu agama Islam dapat lebih luas.

Hal ini berbeda kalau seorang ustadz hanya berjihad dalam dakwahnya di sebuah masjid. Pendengarnya tentu hanya warga sekitar yang menjadi jamaah masjid tersebut. bukan berarti bahwa cara konvensional ini tidak efektif.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Cara-cara tradisional tetap menjadi salah satu pilihan dalam berdakwah. Penggunaan internet hanya sebatas pemanfaatan alat, dimana dengan berdakwah secara online, seorang ustadz dapat menyebarluaskan ilmu seluas-luasnya.

Pada zaman Nabi, awalnya ajaran-ajaran Islam disampaikan secara sembunyi-sembunyi, kemudian baru terang-terangan mengikuti situasi yang sedang berlangsung pada zaman tersebut.