Dakwah secara Online via Internet untuk Memperluas Penyebaran Ajaran Agama

Teknologi diciptakan untuk kepentingan manusia agar lebih mudah dan cepat dalam mengerjakan berbagai hal. Salah satunya adalah penyampaian informasi. Alat-alat tradisional seperti kentongan dan terompet kayu digunakan untuk memanggil warga.

Kini, dengan beberapa ketikan atau menekan keypad, informasi dapat tersampaikan dalam hitungan sepersekian detik. Manusia sudah menggunakan peralatan yang lebih modern dan praktis.

Satu media yang menjadi pilihan terhandal yaitu internet yang juga sering disebut World Wide Web, dunia maya atau cyberspace. Saat menjelajahi dunia maya, maka kegiatan yang dilakukan disebut online. Dengan online, kita dapat lebih mudah mengirim pesan atau sekedar mencari informasi dan hiburan. Lalu, apa hubungannya dengan dakwah?

Dakwah secara Online via Internet sudah bukan hal baru lagi. Justru kini sudah banyak ulama atau ustadz yang memanfaatkan media komunikasi ini sebagai alat penyampaian atau syiar ilmu agama kepada khalayak umum. Karena jaringan internet sudah dapat dinikmati sampai ke pelosok dunia, maka penyebaran ilmu agama Islam dapat lebih luas.

Hal ini berbeda kalau seorang ustadz hanya berjihad dalam dakwahnya di sebuah masjid. Pendengarnya tentu hanya warga sekitar yang menjadi jamaah masjid tersebut. bukan berarti bahwa cara konvensional ini tidak efektif.

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Cara-cara tradisional tetap menjadi salah satu pilihan dalam berdakwah. Penggunaan internet hanya sebatas pemanfaatan alat, dimana dengan berdakwah secara online, seorang ustadz dapat menyebarluaskan ilmu seluas-luasnya.

Pada zaman Nabi, awalnya ajaran-ajaran Islam disampaikan secara sembunyi-sembunyi, kemudian baru terang-terangan mengikuti situasi yang sedang berlangsung pada zaman tersebut. sedangkan sekarang ini, globalisasi sudah menjadi hal wajar. Berbagai macam informasi sudah dapat diakses darimana saja dan kapan saja.

Bahkan di antara umat manusia, tentu ada banyak yang memanfaatkan media komunikasi ini untuk mencari informasi tentang ajaran agama karena mungkin tidak dapat menyempatkan waktu mengikuti pengajian atau ingin mendapatkan keterangan yang lebih jelas dari ulama yang lebih tinggi ilmunya.

Maka dari itu, proses Dakwah secara Online via Internet bukan lagi hal yang mustahil atau aneh. Justru melalui media inilah ilmu agama Islam dapat tersebar lebih luas.

Internet memberikan keleluasaan bagi setiap penggunanya untuk mengakses bermacam-macam informasi. berita, pelajaran, hiburan dan bahkan belanja dapat dinikmati dengan lebih cepat dan mudah di dunia maya. Hal ini tentu saja dapat menghemat waktu lebih banyak. Selain gambar dan audio visual, konten yang paling umum tersedia di internet adalah berbentuk tulisan.

Para da’i juga lebih umum memakai jenis konten tersebut sebagai pengganti penyampaian ilmu secara lisan.

Ada beberapa faslitas yang dapat digunakan untuk menyebarkan tulisan berisi ajaran-ajaran agama, yaitu:

• Blog atau website
• Milis
• Forum diskusi
• Wikipedia
• Email
• Jejaring sosial atau social media

Banyak orang menganggap internet sebagai alat yang tidak bermanfaat, membuat orang-orang menjadi malas dan membatasi diri dari kehidupan sosial. Hal ini tentu saja hanya pemikiran sepihak yang tidak dapat dibenarkan. Internet hanyalah sebuah media atau alat.

Bermanfaat atau tidaknya alat tersebut sangat bergantung pada pemakainya. Apabila internet digunakan sebagai media dakwah, maka manfaatnya akan sangat besar. Terlebih jangkauannya yang semakin luas ke berbagai belahan dunia yang tentu saja dapat menjadikan penyebaran ajaran agama Islam menjadi lebih mudah. Tidak ada batas ruang dan waktu para praktek Dakwah secara Online via Internet. Para da’i dapat menuliskan dan mempublikasikan konten agamis kapan saja dan dari mana saja.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.