Anda ingin mengetahui bagaimana caranya kelak agar Anda mampu menjemput kematian dengan ikhlas? Banyak orang yang merasa takut dengan kematian, sehingga mereka melupakan kematian tersebut. Berharap hal itu tak pernah mereka rasakan. Padahal ini adalah sebuah kesalahan besar.

Setiap sesuatu yang bernyawa pasti akan mati, berani hidup artinya berani mengalami kematian. Melupakan kematian justru akan membuat kita lupa untuk mempersiapkan sebuah peristiwa yang pasti akan dialami oleh semua makhluk di muka bumi.

Mungkin Anda ingin agar kelak Anda mampu menjemput kematian dengan ikhlas agar ketenangan bisa Anda persiapkan untuk menghadapi kematian.

Orang-orang yang ikhlas pada umumnya adalah orang-orang yang memiliki kesiapan, demikian halnya dengan kematian. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri agar mampu menjemput kematian dengan ikhlas dan tenang, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Mempunyai bekal akhirat yang banyak
Inilah salah satu cara agar Anda bisa mudah menjemput kematian dengan ikhlas. Orang yang punya bekal, ia akan siap bila dijemput kapanpun, sebaliknya orang yang tak punya bekal dan persiapan, ia akan selalu mengalami rasa ketakutan. Oleh sebab itu, dunia merupakan ladang tempat bercocok tanam pahala dan amal perbuatan.

Akhirat setelah kita mengalami kematian merupakan tempat kita memanen hasil dari apa yang sudah kita tanam tersebut.

2. Menyelesaikan segala urusan di dunia
Jangan banyak perkara dengan hubungan sesama manusia yang berdampak pada perbuatan dosa dan kemaksiatan, terlebih yang hubungannya dengan silaturahim, karena itu akan membuat Anda sulit menjemput kematian dengan ikhlas.

Setiap kita dianjurkan untuk menjadi seorang pemaaf serta selalu membiasakan diri minta maaf atas kesalahan-kesalahan. Dengan demikian diharapkan saat ajal menjemput kita, ajal itu datang menjemput dengan mudah dan ikhlas, tanpa ada beban kesalahan dengan orang lain.

3. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan
Kunci utama untuk bisa menjemput kematian dengan mudah adalah terletak pada kekuatan keimanan yang kita miliki kepada Allah dan Rasul-Nya. Keimanan yang kuat akan melahirkan sifat diri yang mantap dan selalu percaya bahwa Allah Sang Maha dari segala Maha. Kita hanya lah makhluk yang lemah dan selalu berada di bawah kehendak yang Maha Kuasa.

4. Memiliki keluarga yang sakinah
Anak yang shaleh serta keluarga yang memiliki nilai keimanan yang kuat akan membuat kita bisa menjemput kematian dengan ikhlas. Tak ada yang perlu kita khawatirkan jika telah meninggalkan anak-anak dan istri sholehah.

Keluarga sakinah yang selalu menjaga nilai-nilai robbani perlu Anda bangun untuk kebahagiaan Anda, baik di dunia maupun akhirat. Inilah aset warisan paling berharga yang akan kita rasakan manfaatnya meskipun kita sudah meninggal.