Apakah Karma Itu?

Karma: benih kebaikan akan menghasilkan kebaikan, dan sebaliknya. Istilah karma bukan lagi hal yang asing di telinga kita. Banyak orang salah mengartikan definisi dari karma itu sendiri.

Karma dianggap muncul sebagai akibat balasan terhadap sesuatu perbuatan yang telah dilakukan. Biasanya identik dengan perbuatan yang buruk. Balasan tersebut dimaknai sebagai kualat atau hukuman atas sebuah tindakan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Apakah karma itu? karma sebenarnya lebih identik dengan proses sebab akibat. Jika kita melakukan sebuah perbuatan kebaikan maka sesuatu hal yang wajar apabila akan menghasilkan suatu kebaikan pula. Sebaliknya, apabila kita melakukan tindakan kejahatan terhadap orang lain, maka biasanya tindakan kejahatan kita tersebut akan berdampak buruk bagi diri kita yang melakukannya.

Jadi tidak berhak seseorang menyebutkan seseorang yang lainnya mendapatkan karma atas apa yang dilakukannya. Biasanya cenderung menganggap hina dan merendahkan orang yang mendapatkan tindakan keburukan atau si penderita karma tersebut.

Hidup adalah apa yang kita tanam. Jika kita menanam padi maka buah padi lah yang akan kita panen. Demikian pula jika kita menanam rumput, tak mungkin pohon gandum yang akan tumbuh. Inilah sebab akibat yang secara alami terjadi dalam kehidupan manusia. Setiap orang berupaya untuk mendapatkan hal-hal baik dalam hidupnya.

Cara yang paling gampang untuk mendapatkan semua itu adalah dengan cara menanamkan hal-hal baik terlebih dulu, baru kemudian kita akan merasakan buah dari kebaikan yang sudah kita lakukan.

Karma: benih kebaikan akan menghasilkan kebaikan, dan sebaliknya. Jika kita menjalani hidup dengan penuh kajahatan, tindakan maksiat dan sebagainya, maka sangat wajar jika hidup kita sengsara dan selalu susah.

Bukan hanya di dunia, bahkan hingga kelak di akhirat. Oleh karena itu, dunia merupakan ladang amal kebaikan, dan akhirat adalah kampung tempat kita memanen segala apa yang kita tanam.

Tanamlah sebanyak-banyaknya amal kebaikan selama di dunia, maka kita akan menemukan balasan yang berlipat kelak di akhirat.

Karma: benih kebaikan akan menghasilkan kebaikan, dan sebaliknya. Menanam benih kebaikan secara ikhlas bukan hanya akan mendapatkan benih balasan kebaikan dari manusia saja, tapi Allah SWT telah menjanjikan karunia syurga yang tak terbayangkan untuk mereka yang mampu melakukan suatu amalan dengan niat yang ikhlas.

Niat adalah ruh dalam beramal. Amalan kebaikan tanpa niat yang ikhlas sekalipun akan mati nilainya di sisi Allah. Apa yang kita dapatkan adalah apa yang kita niatkan. Oleh karena itu, menghadirkan niat dalam setiap amal perbuatan menjadi ruh bagi hidupnya sebuah amalan.

Karma: benih kebaikan akan menghasilkan kebaikan, dan sebaliknya. Tak ada pilihan lain dalam hidup, berikanlah yang terbaik maka Anda akan mendapatkan yang terbaik sebagai hasil dari pemberian Anda.