Apakah Hukum Merokok Itu? Apakah Merokok itu Haram Hukumnya?

Merokok merusak kesehatan dan pemborosan uang. Merokok dapat mencelakai dan menzhalimi diri sendiri. Inilah yang menjadi alasan utama diharamkan atau dimakruhkannya rokok oleh ummat Islam. Sebagian pendapat menyatakan bahwa merokok adalah haram, dan sebagian lainnya menyebut hukum rokok adalah makruh.

Merokok dari aspek apapun tidak memiliki alasan pembenaran. Si pelaku hanya merasakan kenikmatan sesaat akibat dari penggunaan zat aditif yang ada pada rokok. Setelah itu, dampak yang akan dirasakan cukup besar, meskipun tidak spontan, namun merokok akan menimbulkan efek kronis yang akan dirasakan bahaya dalam kalkulasi waktu.

Merokok merusak kesehatan dan pemborosan uang. Inilah hal utama yang harus Anda ingat apabila Anda mulai tertarik dengan benda yang satu ini, atau pun berniat kuat untuk meninggalkannya.

Meninggalkan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit, namun sangat mungkin dan bisa dilakukan. Banyak orang yang sukses meninggalkan rokok karena merasa yakin dan berprinsip kuat bahwa merokok merusak kesehatan dan pemborosan uang.

Secara umum, dapat dibedakan beberapa dampak buruk yang akan dirasakan dari kebiasaan merokok tersebut, yakni sebagai berikut:
1. Dampak kesehatan
Rokok merupakan kumpulan dari zat-zat karsinogen yang sangat membahayakan kesehatan manusia.

Merokok tak hanya berdampak pada kesehatan orang yang melakukannya, namun juga orang lain seperti anak dalam kandungan atau pun orang-orang yang ada di sekitar Anda. Merokok sangat memberikan peluang besar gangguan kecacatan pada janin anak yang dikandung oleh seorang istri, mengurangi kecerdasan dan kesehata paru-paru yang sangat buruk.

2. Dampak ekonomi
Merokok merusak kesehatan dan pemborosan uang. Pemborosan uang merupakan dampak burung yang ditimbulkan dari pengkonsumsian rokok. Coba hitung berapa batang rokok atau bungkus yang Anda konsumsi setiap harinya, dan hitung lah berapa uang Anda yang habis Anda bakar setiap harinya.

Merokok seperti kita dihadapkan pada knalpot kendaraan bermotor kemudian kita diminta bayaran atas hal itu, bukan puluhan ribu, namun bisa mencapai ratusan ribu per bulannya, terlebih bagi para perokok berat.

3. Dampak sosial
Disamping merokok merusak kesehatan dan pemborosan uang, merokok juga memberikan dampak sosial yang buruk bagi penggunanya. Resiko permasalahan sosial mungkin terjadi, terlebih jika Anda merokok di tempat umum dan bertemu dengan seseorang yang sangat alergi dengan rokok. Permasalahan mungkin akan terjadi.

Terlebih jika Anda berada pada kawasan bebas rokok kemudian Anda melanggarnya dan tetap merokok di tempat terlarang tersebut, Anda bisa jadi akan dikenai denda yang tidak sedikit. Ingatlah orang-orang di sekitar Anda sebagai para perokok pasif. Mereka akan menjadi celaka karena ulah buruk Anda.

Tinggalkan rokok sekarang juga, maka Anda akan terbebas dari banyak permasalahan.