7 Rahasia Kunci untuk Menjadi Insan Islami yang Sukses

Ingin menjadi orang yang lebih baik? Tentunya semua orang ingin. Namun, apakah Anda sudah mengerti bagaimana caranya? Itulah kenyataan yang terjadi. Banyak orang, dalam hal ini muslim, yang mengaku ingin selalu dapat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Mereka ingin mengubah hidup menjadi lebih baik, namun sama sekali tidak mengetahui bagaimana caranya dan harus mulai dari mana.

Jangan pernah berpikir bahwa mengubah hidup adalah hal yang mudah. Jangan pernah mengira bahwa dengan menjetikkan jari Anda, maka hidup Anda akan seketika berubah.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda memutuskan untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, maka Anda harus siap untuk melakoni setiap prosesnya. Orang – orang yang kita kenal hebat, adalah orang – orang yang telah teruji dan telah melalui setiap proses di dalam diri mereka. Untuk menjadi seperti mereka, kita memerlukan waktu, perjuangan dan melalui setiap tahap dengan gigih dan tabah.

Jadi, jangan berpikir bahwa orang hebat itu memang sudah dilahirkan hebat karena sejatinya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi hebat, tinggal bagaimana mereka menyikapi dan melalui setiap proses dan tahapan dalam hidup.

Berikut adalah langkah sistematis yang dapat Anda terapkan jika ingin merubah hidup menjadi lebih baik:

Gratis - 4 Buku yang Amazing tentang Panduan Meraih Sukses Islami. DOWNLOAD Sekarang.

Jelas
Anda harus mengetahui ke mana arah perubahan yang Anda inginkan. Seperti halnya ketika mengendarai kendaraan, Anda akan dengan mudah mengambil arah jika telah mengetahui tempat yang hendak dituju.

Pun demikian dalam hidup, ketika Anda mengetahui ke mana arah perubahan yang ingin Anda capai, maka Anda akan dengan mudah mengetahui setiap tantangan yang harus dilalui. Contohnya, tentukan apa arti “menjadi lebih baik” bagi diri Anda. Jika Anda ingin lebih baik dari sisi ekonomi, beri target atau gambaran penghasilan yang ingin Anda raih dan kapan Anda harus meraihnya.

Bulatkan Tekad
Jangan hanya ingin tapi bulatkan tekad Anda. Keinginan tidak akan merubah apapun, karena itu hanya sekadar angan – angan semata. Ketika tekad Anda sudah bulat, maka setiap tantangan yang akan Anda hadapi nantinya, akan dengan mudah Anda hadapi. Tekad juga berarti Anda siap untuk menganggung segala resiko yang mungkin timbul dan siap mengambil semua langkah pemecahannya (tentunya cara halal). Dan, ketika tekad Anda sudah bulat, bersikaplah tawakal.

Hati
Rasulullah SAW bersabda, “Ingatlah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging. Jika baik, maka baiklah pula seluruh jasad, jika rusak maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah bahwa (segumpal daging) itu adalah hati”.

Dari hadits tersebut, dapat dipetik hikmah bahwa untuk merubah diri Anda menjadi lebih baik, maka rubahlah hati.

Bersihkan hati dari perasaan negatif, dari dosa, kekhawatiran, prasangka buruk, takut,lemah, keragu – raguan, rasa iri, dengki dan berbagai penyakit hati lainnya. Berikan hati perasaan optimis, semangat serta energi positif yang akan memberi dorongan lebih kepada diri Anda untuk menjadi lebih baik. Ketahuilah, bahwa penghalang terbesar ada di dalam hati.

Prioritas
Anda harus dapat mengatur apa saja yang menjadi prioritas. Perubahan yang terjadi tergantung kepada apa saja yang menjadi prioritas Anda. Ketika yang Anda prioritaskan adalah hal – hal yang biasa – biasa saja, maka yang akan Anda dapatkan juga tidak akan istimewa.

Namun, jika Anda sudah bertekad bulat untuk berubah maka prioritaskan hal itu, dengan sendirinya prioritas itu akan menuntun Anda.

Istiqomah
Tetaplah istiqomah. Anda harus terus menerus mencoba untuk meraih perubahan yang telah Anda tekadkan, jangan pernah putus asa. Meski untuk menjadi istiqomah tidaklah mudah, namun keberhasilan Anda akan ditentukan di sana, lewat seberapa istiqomahkah Anda untuk berubah.

Motivasi
Untuk dapat terus istiqomah, beri motivasi kepada diri Anda sendiri. Oleh karenanya, Anda harus tahu mana hal – hal yang akan memotivasi diri Anda.

Optimis
Pesimistis adalah penyakit, maka hilangkan itu di dalam benak Anda. Jangan berpikiran buruk, jangan takut untuk gagal karena dengan kegagalan yang Anda alami, Anda akan belajar untuk berhasil. Serahkan segalanya kepada Allah dan tetaplah fokus meraih target Anda. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pribadi yang hebat.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.